Cilot Terenak di Blitar – Siapa di sini yang suka jajan sana sini? Pastinya sudah tidak asing dengan cilot atau cilok, ya. Jajanan kaki lima ini terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan bumbu rempah. Bahkan, ada penjual yang menambahkan daging sapi atau ayam giling agar cita rasanya lebih nikmat.

Sebenarnya, makanan murah meriah ini bukan asli Blitar, melainkan dari Jawa Barat. Namun, kamu bisa menjumpai penjual cilot dan cilok di seluruh wilayah Blitar. Ciri khas cilot dan cilok Blitar adalah cara penyajiannya. Biasanya, cilot akan disiram bumbu pelengkap seperti bumbu kacang, saos, kecap dan juga sambal.

Melansir dari InfoBlitar, berikut ini adalah beberapa referensi cilot atau cilok menurut warganet yang tersebar di Blitar Raya. Yuk langsung disimak!

Baca juga:  Budiman Klaim Jokowi Menyetujui Masa Jabatan Kades 9 Tahun

Cilot Pak Lan (Cilot SMASA)

Rekomendasi pertama adalah Cilot Pak Lan atau yang lebih dikenal dengan nama Cilot SMASA. Disebut Cilot SMASA karena lokasi berjualannya tepat di seberang SMAN 1 Kota Blitar.

Kamu bisa menemukannya tepat di sebelah timur Indomaret. Saking larisnya, cilot ini biasanya sudah ludes sekitar pukul 12 siang.

Cilot Nyoto Roso Kasangsari

Tak kalah enak dan ramai laris dari cilot SMA 1, kamu bisa mencoba cilot Nyoto Roso yang baru muncul di tahun 2018 an, tetapi sudah sangat dicari banyak orang. Lokasinya berada di gang MTsN 1 Blitar Karangsari, ke Timur 100 meter. Harganya murah, porsi besar, dan sambelnya yang mantap bisa memuaskan lidah kamu sekalian.

Cilot KC Alun-Alun

Selanjutnya, ada pentol atau Cilot KC yang berlokasi di Jl. Semeru,  ujung simpang empat barat Alun-Alun Kota Blitar.

Baca juga:  Imbas Kebakaran Hutan, Wisata Gunung Bromo Ditutup Total

Istimewanya atau ciri khas dari cilot KC ini adalah pentolnya yang berisi telur, sehingga banyak orang yang memburunya. Cilot KC buka setiap hari mulai pukul 12.00 WIB sampai habis.

Cilot Tanjungsari

Salah satu warganet merekomendasikan cilot Tanjungsari. Lokasi tepatnya berada di utara kuburan Asahan. Harganya murah meriah dan bisa mengambil cilot sendiri sesuai selera.

Harga per biji isiannya, seperti pentol, tahu, siomay dan lain berkisar mulai Rp 100 – Rp 200 saja.

Cilok Gandusari

Bagi yang rumahnya di wilayah Gandusari, Kabupaten Blitar mungkin sudah tidak asing dengan cilok atau cilot ini. Berlokasi di selatan Polsek Gandusari, timur pertigaan.

Rasanya yang enak membuat banyak orang yang rela mengantre untuk membelinya. Cilot ini buka setiap sore mulai pukul 16.00 WIB.

Baca juga:  Paket Tour Luar Negeri: 5 Destinasi Wisata Favorit Best Seller di Dream Holidays

Nah, asyiknya kamu bisa sekalian melanjutkan perjalanan wisata alam di Blitar, salah satunya Air Terjun Coban Wilis yang ada di Gandusari.

Cilok Cak Die

Bisa dibilang Cilok Cak Die adalah cilok legenda karena sudah berjualan lebih dari 20 tahun. Terkenal di wilayah Blitar etan (timur). Lokasinya tepat di seberang selatan Pasar Kesamben.

Jika kamu tertarik membelinya, bisa datang ke lapaknya di sore hari karena buka mulai pukul 16.00 WIB.

Itulah beberapa rekomendasi cilot atau cilok terenak dari warganet yang ada di Blitar Raya. Yukk temukan destinasi wisata kuliner Blitar lainnya di kota bersejarah ini ya. Informasi menarik lainnya bisa kamu temukan di haloblitar.com.

Editor: Luthfia Azarin

Iklan