Blitar merupakan salah satu wilayah administratif kabupaten/kota yang berada di Provinsi Jawa Timur. Meski jarang didengar, Blitar menyimpan banyak sekali tempat wisata terkenal seperti Makam Bung Karno, Candi Penataran, Pantai Pangi dan sebagainya.

Ketika berkunjung ke Blitar, kurang afdol rasanya jika tidak mencicipi sajian kuliner yang murah meriah di sana. Butuh rekomendasi? Berikut ini adalah beberapa rekomendasi wisata kuliner di Blitar yang terkenal dengan cita rasanya yang lezat dengan harga merakyat. Yuk langsung disimak!

Warung Tewel Mbah Martumi

Setelah mengunjungi wisata alam di Blitar, Kamu wajib mencoba kuliner sayur tewel, karena sayur ini adalah salah satu kuliner ndeso khas Blitar. Untuk menikmati sajian sayur tewel di Blitar, langsung saja kunjungi Warung Tewel Mbah Martumi.

Di sana, sayur tewel juga akan disuguhkan dengan satu piring penuh ayam lodho yang dipotong menjadi beberapa bagian. Nasinya bisa kamu ambil sendiri menggunakan piring terpisah. Jika tertarik untuk mencicipi kuliner khas Blitar ini, lokasinya berada di Desa Ngoran, Kecamatan Nglegok, Blitar.

Baca juga:  Menilik Analisa Bisnis Ayam Geprek Bersama Lagi-Viral.Com

Soto Daging Bok Ireng

Blitar juga memiliki sajian soto yang khas, salah satunya warung makan Soto Daging Bok Ireng. Berbeda dengan jenis soto lainnya, soto di warung ini diolah dengan cara yang unik. Soto dimasak menggunakan periuk tanah dengan kayu bakar untuk memanaskannya.

Dalam satu porsi sajian soto daging, terdiri dari beberapa isian seperti jeroan sapi yang dihidangkan dalam mangkuk kecil. Karena kelezatannya yang telah terkenal, warung berukuran 3×3 ini selalu ramai oleh pengunjung. Jika penasaran bagaimana rasanya, kamu bisa langsung datang ke perempatan Jalan Semeru, Kota Blitar.

Rujak Petis Ngegong

Wisata kuliner khas Jawa Timur seperti surganya bagi para pecinta rujak petis. Di Blitar juga ada sajian makanan yang mirip Rujak Cingur, namanya Rujak Petis Ngegong. Bedanya, sajian rujak petis ini tidak diberi cingur. Rujak Petis Ngegong diracik menggunakan bahan-bahan seperti kacang rujak, petis dan bumbu-bumbu tertentu.

Semua bahan dijadikan satu lalu diuleg hingga tercampur secara merata. Kemudian, ditambahkan beberapa lauk seperti telur, tempe, sayur-sayuran, kerupuk dan juga nasi. Rujak Petis Ngegong memiliki cita rasa pedas manis yang dijamin akan menggugah selera makanmu.

Tahu Bumbu Lawu

Kuliner tahu bumbu juga sering disebut dengan nama tahu lontong, karena memang disajikan dengan tambahan lontong. Dilansir dari Halo Blitar, salah satu kuliner tahu bumbu di Blitar yang wajib kamu coba adalah Tahu Bumbu Lawu. Dalam satu porsinya, berisikan tahu yang digoreng setengah matang, sambal kecap, petis, tauge, lontong, taburan bawang goreng dan juga seledri. Serius, kamu wajib mencoba setelah lelah wisata sejarah di Blitar.

Baca juga:  5 Wisata Air di Yogyakarta yang Harus Kamu Datangi

Ada juga yang disajikan dengan tambahan udang. Kamu bisa menambahkan kerupuk atau lauk lainnya sesuai selera. Tahu Bumbu Lawu terkenal dengan rasa pedas dengan sedikit manis. Kuah bumbunya yang khas memberikan kesegaran dan kelezatan bumbu alami. Tahu Bumbu Lawu ini disajikan dengan porsi yang pas untuk menghilangkan rasa lapar setelah berkeliling Blitar seharian.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa rekomendasi wisata kuliner di Blitar yang murah meriah. Jika ingin mengetahui informasi menarik lainnya seputar Blitar, kunjungi saja laman haloblitar.com. Selamat mencicipi!

Iklan