Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo pastikan bonus yang diberikan untuk atlet SEA Games 2023 serupa dengan jumlah yang Kontingen Indonesia dapatkan pada edisi sebelumnya.

Hal ini disampaikan langsung oleh Dito saat pengukuhan atlet yang akan diberangkatkan menuju SEA Games 2023 di Kamboja, Selasa (2/5/2023) di Halaman Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat.

“Untuk bonus, kita ikut peraturan pemerintah khususnya Kementerian Keuangan. Setahu saya, aturan bonus SEA Games belum berubah dari edisi terakhir,” jelas Dito.

Baca juga:  Laga Indonesia vs Irak di Piala Asia U-23 2024: Penentuan Tiket Lolos Olimpiade Paris

Pada SEA Games 2022 Hanoi, Vietnam, pemerintah melalui Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tercatat menyerahkan total bonus sebesar Rp130,5 miliar kepada para atlet. Sementara untuk pelatih dan asisten pelatih diberi bonus sebesar Rp32 miliar.

Rincian dari jumlah tersebut ialah Rp500 juta untuk medali emas single dan Rp400 juta untuk ganda. Untuk medali perak kategori tunggal, ganda dan beregu, masing-masing mendapatkan bonus sebesar Rp300 juta, Rp240 juta dan Rp120 juta.

Sementara untuk perunggu, baik kategori tunggal, ganda, beregu adalah sebesar Rp150 juta, Rp120 juta dan Rp105 juta.

Prestasi Kontingen SEA Games yang Ditargetkan Pemerintah

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melepas Kontingen Indonesia yang terpilih mewakili di SEA Games ke-32 tahun 2023 di Kamboja. Pelepasan 599 atlet SEA Games 2023 ini digelar pada Selasa, (2/5/2023) di Halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengharapkan para atlet yang akan berlaga di ajang olahraga Asia Tenggara tersebut bisa mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia.

Jokowi menargetkan Kontingen Indonesia bisa melampaui perolehan emas di SEA Games edisi sebelumnya yang berlangsung di Hanoi, Vietnam.

Baca juga:  3 Pemain Baru yang Dapat Dipanggil STY ke Timnas Indonesia U-23 untuk Melawan Guinea

“Saya hanya berpesan, di SEA Games Vietnam kita bisa mendapatkan 69 medali emas dan peringkat ke-3. Nah, sekarang mestinya bisa lebih dari itu. Saya minta emasnya di atas 69 dan peringkatnya juga di atas 3, pilihannya 1 atau 2,” ujar Jokowi.

Editor: Luthfia Azarin

Iklan