Pasangan ganda putra andalan Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, mengalami nasib kurang baik pada babak awal Kejuaraan Dunia BWF 2023 yang berlangsung pada Rabu (23/8/2023).

Mereka berlaga di Royal Arena Copenhagen, Denmark, dan harus menerima kekalahan langsung dalam dua game dengan skor 18-21 dan 19-21 melawan pasangan ganda China Taipei, Lee Jhe Huei/Yang Po Hsuan, dalam waktu 39 menit pertandingan.

Meskipun tampil sebagai unggulan pertama dalam turnamen ini, Fajar/Rian tidak mampu mengatasi permainan pasangan ganda dari China Taipei yang berada di peringkat 21 dunia.

Baca juga:  Meski Sudah Bukan Ketum PSSI, Iwan Bule Tak Akan Jauh dari Dunia Sepak Bola

Pada paruh pertama gim pertama, mereka tertinggal dengan skor 9-11 di interval. Namun, Fajar/Rian kemudian perlahan berhasil mendekat dan menyamakan kedudukan menjadi 12-12 dan 14-14.

Kendati demikian, Fajar/Rian kembali tertinggal hingga skor 14-17 sebelum akhirnya kalah dengan skor 18-21 dalam gim pertama.

Pada gim kedua, Fajar/Rian gagal untuk bangkit dan akhirnya harus mengakui keunggulan lawan dengan skor 19-21. Ini adalah kali pertama dalam lima pertemuan terakhir bahwa Lee/Yang berhasil mengalahkan Fajar/Rian.

Hasil ini membuat harapan Fajar/Rian untuk memperoleh medali pada Kejuaraan Dunia kali ini pupus, setelah sebelumnya mereka meraih medali perunggu pada dua penyelenggaraan Kejuaraan Dunia pada tahun 2019 dan 2022.

Sementara itu, tiga pasangan ganda putra Indonesia lainnya telah berhasil melangkah ke babak 16 besar Kejuaraan Dunia BWF 2023.

Pasangan Leo Rolly Charnando/Daniel Marthin, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Bagas Maulana/Shohibul Fikri semuanya telah memastikan tempat mereka di babak selanjutnya.

Tidak hanya mengalami kekalahan pada babak awal, Fajar/Rian juga berisiko kehilangan posisi sebagai pasangan ganda nomor satu dunia.

Baca juga:  Jadwal Thomas Cup 2024: Indonesia Hadapi Korea Selatan di Perempat Final

Dengan tambahan 13 ribu poin jika berhasil menjadi juara, terdapat tiga pasangan ganda putra lain yang berpotensi mengungguli perolehan poin yang saat ini dimiliki oleh Fajar/Rian.

Editor: Luthfia Azarin

Iklan