Halo Blitar – Menulis ternyata tak hanya tentang membuahkan karya, tetapi bisa juga menjadi gerbang kesuksesan. Itulah yang dirasakan Rozak Al-Maftuhin. Pria asal Kota Blitar ini sukses mendirikan perusahaan digital kreasi yang bermula dari hobinya menulis.

Berdasarkan wawancara eksklusif dengan Halo Blitar, Rozak menuturkan bahwa ia sudah biasa menulis sejak masih duduk di bangku kuliah.

“Saat kuliah dulu, menulis sudah menjadi makanan sehari-hari. Bahkan saya memiliki rutinitas 1Day 1Paper, yaitu saya harus menulis satu artikel setiap harinya di blog pribadi.” imbuhnya.

Mengubah Hobi Menjadi Ladang Penghasilan

Pada tahun 2017, Rozak melihat peluang yang bisa menghasilkan uang dari menulis. Blog pribadi yang semula sebagai wadah menuangkan gagasan dan pemikiran, disulapnya menjadi blog yang mendulang profit.

Ditunjang dengan kecakapan IT, dalam kurun waktu singkat Rozak sudah mengembangkan jumlah blognya dan memiliki penghasilan rutin. Alhasil, meski belum lulus kuliah, baginya penghasilan itu sudah cukup untuk menikahi perempuan yang dicintainya.

Baca juga:  Pengungsi Rohingya di Blitar dan Tulungagung, Kini Menikahi Warga Lokal

“Alhamdulillah, dari menulis di blog sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bersama Arin.” tutur pria kelahiran 95 itu.

Sempat Mengalami Pailit

Dinamika bisnis seolah tidak pernah lepas dari bayang-bayang kegagalan. Tiga tahun menjalankan kegiatan menulis sebagai sumber penghasilan, pada akhir tahun 2020 Rozak dirundung pailit. Semua aset terjual habis.

Padahal satu tahun sebelumnya, Rozak menyebutnya sebagai masa kejayaan. Hal mana berkembangnya perusahaan InboundID dan Vira.id yang berdampak besar terhadap meningkatnya omzet blog yang dimilikinya.

“Bangkrut yang pernah saya alami, tidak lain karena dua faktor: pertama, saya terlalu puas diri, tidak upgrade ilmu blogging terbaru. Kedua, karena saya gagal mengatur keuangan.”

Bermodal 22 Ribu Hingga Sukses Mendirikan PT

Saat aset blog sebagai ladang menulis yang profitable habis tak bersisa, Rozak bekerja di Toko Emas Berkah Jaya, Kota Blitar. Bukan sekedar bekerja, Rozak juga mempelajari ilmu manajemen keuangan di sana. Tentang bagaimana mengembangkan modal, menciptakan cash flow positif, dan lainnya.

Sembilan bulan bekerja di toko emas, Rozak memutuskan resign dan kembali berdikari mengembangkan bisnis bersama istri. Terbilang nekat, dengan modal 22 ribu ia membeli dua blog, yaitu inspiratips.my.id dan psikonesia.my.id.

Sembari mengembangkan dua blog itu, Rozak bersama istri membuka jasa penulisan artikel SEO. Dengan menulis artikel, mereka sudah bisa menghasilkan rupiah berkisar 100 ribu setiap hari.

Baca juga:  Lempari Kaca Mobil, 2 Remaja di Kediri Diamankan Polisi

“Belajar dari pengalaman pahit, pemasukan yang ada tidak kami habiskan sepenuhnya. Kami bagi menjadi dana konsumtif, dana pengembangan modal bisnis, dana tabungan, dan dana sedekah.” terangnya.

Selain manajemen keuangan, Rozak menggiatkan rutinitas untuk belajar ilmu-ilmu terbaru seputar blogging dan bagaimana menulis artikel SEO yang ideal. Dengan rumus ini, cukup bagi Rozak untuk memiliki ratusan blog dalam waktu yang relatif singkat, tentu dengan kualitas terbaik.

Sebagai upaya melebarkan ekspansi bisnis, pertengahan tahun 2022 Rozak akhirnya mendirikan PT. Inspiratips Media Berkarya. Sebuah perusahaan digital kreatif yang menghadirkan layanan jasa penulisan artikel, jasa pembuatan website, jasa SEO dan backlink, hingga kursus blogging. Kini perusahaan itu sudah memiliki kantor sendiri dengan 2 karyawan tetap dan 3 karyawan freelancer.

Reporter: Luthfia Azarin

Iklan