Sabtu dini hari (11/5/2024) telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 5,2 magnitudo yang mengguncang wilayah Lumajang dan sekitarnya. Dilansir dari laman website BMKG, tercata gempa bumi 5,2 magnitudo tersebut berpusat di 112 kilometer barat daya Lumajang.

Kedalaman gempa bumi mencapai 10 kilometer dan terjadi tepat pada pukul 02.34 WIB. Gempa yang berpusat di barat daya Lumajang ini tidak berpotensi tsunami. Namun, diperkirakan masih ada potensi terjadi gempa susulan.

Getaran gempa tersebut ternyata juga terasa hingga ke wilayah Blitar Raya. Warga yang sedang beristirahat dibuat kaget dengan guncangan gempa bumi sebesar 5,2 magnitudo.

Baca juga:  Gempa M 4,1 Guncang Blitar, BPBD Blitar Pastikan Tak Ada Bangunan yang Rusak

“Saya pikir ada orang yang ketok-ketok, soalnya pintu bergerak-gerak cukup keras, ternyata gempa.” kata Dinar, warga Kota Blitar.

Guncangan gempa tersebut memang terasa cukup keras dan bertempo lama di Kota Blitar. Akibatnya, semua perabotan rumah tangga warga bergerak tidak beraturan hingga ada yang berjatuhan.

Bahkan, guncangan gempa membuat warga yang beristirahat kaget berlarian. “Kaget saya, bergerak semua barangnya.” ucapnya.

Warga Blitar yang belum tidur pun turut kaget karena guncangan gempa yang terasa cukup keras dan lama. “Lebih dari 5 detik kayaknya. Saya di jalan goyang-goyang, lampu di jalan juga goyang,” ujar Enggal.

Baca juga:  Carut Marut Relokasi Pasar Tumpah Templek Blitar, DPRD Panggil Disperindag

Warga berharap gempa susulan tidak akan terjadi. Belum diketahui pasti ada tidaknya korban atau bangunan yang rusak akibat gempa 5,2 magnitudo tersebut.

Editor: Luthfia Azarin

Iklan