Jenderal Listyo Sigit Prabowo selaku Kapolri mengungkapkan bahwa sampai saat ini, kereta api masih menjadi moda transportasi favorit bagi masyarakat untuk pulang kampung saat lebaran. Hal ini kapolri sampaikan ketika memantau arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat secara langsung.

Pihaknya juga sempat bertanya kepada masyarakat yang memilih kereta api. “Menurut masyarakat, kereta menjadi pilihan favorit karena pasti tepat waktu, bersih, dan lebih aman dari moda transportasi lain,” jelas Listyo pada Rabu (19/4/2023).

Jumlah pemudik diperkirakan akan terus mengalami peningkatan sampai dua hari setelah lebaran. Menurut laporan yang pihaknya terima, ada sekitar 19.900 penumpang yang sudah terangkut.

Jumlah tersebut hampir sama dengan kemarin yang jumlahnya hampir mencapai 20.000 dan hari ini kemungkinan bertahan di angka tersebut, bahkan bisa naik hingga H+2.

Baca juga:  Setara dengan 15 Ribu Sekolah dan 201 Rumah Sakit, Penerimaan Royalti Batu Bara Hilang

Jenderal bintang empat ini mendatangi Stasiun Pasar Senen untuk mengetahui tingkat kesiapan dalam melayani masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik di lebaran 2023.

Selain dia, juga hadir dalam kegiatan pemantauan tersebut Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan RI, Heru Budi Hartono selaku Pejabat Gubernur DKI Jakarta, Irjen Karyoto selaku Kapolda Metro Jaya, Irjen Firman Shantybudi selaku Kepala Korps Lalin, Kombes Latif Usman selaku Direktur Lalin Polda Metro Jaya, dan Mohammad Hasan selaku Pangdam Jaya Mayjen TNI.

Sebelumnya, PT KAI sudah mencatat ada puluhan ribu penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir pada masa libur lebaran tahun ini.

“Tercatat hari Rabu, 19 April 2023 volume penumpang yang berangkat kembali meningkat. Hari ini sudah kurang lebih 23.900 penumpang yang melakukan pemberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dengan menggunakan layanan 32 KA,” jelas Eva Chairunisa selaku Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta pada Rabu (19/4/2023).

Selain itu, Eva juga menjelaskan mengenai volume penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambur hari ini sudah mencapai 18.000 dengan 38 KA yang beroperasi. Total okupansi pemberangkatan kereta api di area Daop 1 Jakarta mencapai 100 persen menurut Eva.

Baca juga:  Ikut Ramaikan Pileg Kabupaten Blitar, 3 Purnawirawan TNI-Polri Juga Mendaftar

Berdasarkan data hari ini, terdapat sekitar 580.000 tiket keberangkatan yang telah habis terjual pada masa angkutan lebaran dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

Dari banyaknya tiket tersebut, mayoritas penumpang memesan kereta api untuk jadwal keberangkatan tanggal 14 hingga 23 April 2023.

Dengan begitu, tingkat okupansi volume penumpang pada tanggal tersebut telah menyentuh 90 sampai 100 persen dengan volume keberangkatan penumpang paling tinggi tercatat pada tanggal 18 hingga 21 April 2023.

Eva juga menjelaskan bahwa penumpang paling banyak memesan tiket kereta api dengan tujuan kota Semarang, Tegal, Surabaya, Yogyakarta, Solo, dan Bandung.

Editor: Indo Guna Santy

Iklan