Pemerintah Kota Blitar akan kembali menggelar Blitar Ethnic National Carnival atau disingkat BEN Carnival. Event ini rencananya akan digelar oleh Pemkot Blitar pada hari Sabtu, 13 Juli 2024 mendatang.

Pada gelaran yang ketiga kalinya di tahun ini, akan hadir artis papan atas Indonesia yaitu Aurelie Moeremans yang turut meramaikan BEN Carnival. Hal ini disampaikan sendiri oleh Aurelie melalui akun media sosial TikTok Pemkot Blitar.

“Hai, nantikan saya Aurelie Moeremans di BEN Carnival tanggal 13 Juli 2024 di Kota Blitar,” ucap Aurelie.

BEN Carnival tahun ini memang akan digelar lebih meriah dari edisi sebelumnya. Tidak hanya mengundang artis papan atas, BEN Carnival 2024 juga rencananya akan dihadiri oleh Pramono Anung, Sekretaris Kabinet Republik Indonesia.

Baca juga:  Rahmat Santoso Mundur dari Wakil Bupati Blitar, Inilah Alasannya

Pada tahun 2024 ini, Pemerintah Kota Blitar memang lebih serius untuk menonjolkan kualitas dari BEN Carnival. BEN Carnival 2024 nantinya akan memberikan penampilan peragaan seni dan budaya dari 4 benua.

“Kaitannya dengan BEN Carnival tahun ini, kita ada kategori pertama ada penampilan dari 4 benua seni dan budaya. Dan juga nanti ada 2 kategorinya adalah dari 12 kota yang masuk dalam APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) 4 seperti itu,” ujar Edi Wasono selaku Kepala Dinas Pariwisata Kota Blitar pada wawancara Jumat (14/06/2024).

BEN Carnival 2024 kali ini memiliki 3 kategori yang akan ditampilkan dan dinilai. Kategori pertama adalah pertunjukan kesenian dan kebudayaan dari 4 benua, yaitu Eropa, Afrika, Asia dan Amerika.

Untuk kategori kedua, akan ada penampilan seni dan budaya dari daerah anggota APEKSI 4. Nantinya, daerah anggota APEKSI 4 akan berkolaborasi dengan 12 OPD Kota Blitar.

Sementara itu, kategori ketiga ada kesenian nusantara. Setiap OPD nantinya bakal menampilkan berbagai kesenian dari seluruh wilayah di Indonesia.

“Itu kaitannya dengan inovasi BEN Carnival untuk point pertama, point kedua kaitannya dengan sound system, bagaimana sound system nanti bisa terdengar hingga finish,” tegas Edi.

Baca juga:  Kakak dan Adik Selamat Dari Kabin Truk yang Terjun ke Dasar Sungai di Blitar

Untuk lokasi BEN Carnival masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni start di Depan Kantor DPRD Kota Blitar dan finish di Alun-Alun Kota Blitar. Pemkot Blitar menjamin bahwa pelaksanaan BEN Carnival 2024 akan lebih meriah dan semarak.

“Kami juga punya inovasi lain berkaitan dengan tempat-tempat selfie. Nanti akan kami sediakan 5 tempat untuk selfie, mungkin di depan DPRD atau mungkin di alun-alun,” tutupnya.

Editor: Luthfia Azarin

Iklan