Blitar menawarkan banyak tempat wisata menarik, mulai dari situs bersejarah hingga keindahan alamnya. Bagi Anda yang datang ke Blitar menggunakan kereta api dan tiba di Stasiun Blitar, Anda berada di lokasi yang ideal untuk memulai petualangan Anda.

Stasiun Blitar terletak di pusat kota sehingga memberikan akses yang mudah ke berbagai tempat wisata terdekat. Guna membantu Anda merencanakan liburan di Blitar, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata yang dapat Anda kunjungi dengan mudah dari Stasiun Blitar. Mari simak pembahasannya sampai selesai!

Alun-Alun Kota Blitar

Alun-Alun Blitar yang terletak di Jalan Merdeka, Kepanjen Lor, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar merupakan tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi baik di pagi maupun malam hari.

Destinasi ini mampu memberikan pengalaman menarik tentang atmosfer Kota Blitar. Dengan luas sekitar 2 hektar, alun-alun ini merupakan titik landmark sejarah kota dan sering menjadi lokasi untuk berbagai kegiatan sosial di Blitar.

Alun-Alun Kota Blitar dikelilingi oleh bangunan penting seperti Masjid Agung Blitar dan Pendopo Agung Blitar. Tempat ini juga menawarkan berbagai hidangan lokal yang bisa Anda nikmati sambal bersantai di bawah naungan pohon-pohon yang rindang.

Baca juga:  Jelang Lebaran, Puluhan Sopir Bus di Terminal Patria Blitar Jalani Tes Urine

Taman Pecut

Taman Pecut terletak di pusat kota, tepatnya berlokasi di Jalan Merdeka, Kepanjen Lor, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur. Taman yang dekat dengan Alun-Alun Kota Blitar ini telah menjadi salah satu destinasi wisata yang ikonik di Kota Blitar.

Taman ini berjarak sekitar 500 meter dari Stasiun Blitar dan diresmikan pada tahun 2017 dengan simbol patung tangan yang memegang pecut sebagai harapan dari pemerintah kota agar masyarakatnya bekerja keras. Tenang saja, Taman Pecut beroperasi setiap hari mulai pukul 06.00-23.00 WIB dengan tiket masuk gratis.

Taman Pecut menyediakan berbagai fasilitas seperti kursi taman, spot foto, toilet, dan atraksi air mancur yang bergoyang setiap malam minggu dengan lampu warna-warni. Tempat ini cocok untuk rekreasi keluarga maupun sekadar menghabiskan waktu luang karena lokasinya yang strategis untuk menikmati keindahan kota.

Taman Kebon Rojo

Taman yang berjarak sekitar dua kilometer dari Stasiun Blitar menjadi destinasi wisata keluarga yang menawarkan suasana alam yang indah dan pengalaman yang menyenangkan di tengah kota.

Taman ini populer dengan ruang terbuka hijau dan fasilitas permainan anak-anak, serta dua patung dinosaurusnya yang dapat bergerak maupun bersuara. Sebagai paru-paru kota, Taman Kebon Rojo juga memiliki koleksi beberapa jenis pohon langka yang menciptakan lingkungan yang sejuk dan menarik untuk Anda kunjungi.

Baca juga:  Informasi Terbaru Blitar Park: Mulai Jam Operasional Hingga Tips Seru Liburan

Ketika berada di sana, pengunjung dapat menikmati suasana sekitar sambil duduk santai mendengarkan kicauan burung, memberi makan rusa, atau sekadar berjalan-jalan di taman yang rindang.

Kebon Rojo sendiri bisa Anda temui di Jalan Diponegoro No.12, Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. Taman ini buka setiap hari Sabtu hingga Kamis pukul 08.00-16.00 WIB dengan tiket masuk gratis.

Istana Gebang

Istana Gebang terletak di Jalan Sultan Agung No.59, Sananwetan, Kota Blitar dan berjarak sekitar 1,9 kilometer dari Stasiun Blitar. Bangunan yang dulunya merupakan rumah Soekarno ini sekarang telah dijadikan museum dan dibuka untuk umum setiap hari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Arsitekturnya mencampur gaya Belanda dan Jawa.

Di dalam Istana Gebang, Anda dapat mengeksplor berbagai ruangan yang masih mempertahankan perabotan antik, termasuk kamar tidur Bung Karno yang terawat dengan baik.

Selain itu, istana ini terkenal dengan sumur tua yang konon tidak pernah kehabisan air sejak didirikan pada tahun 1884. Sumur ini memiliki daya tarik tersendiri karena mitos dan aura mistisnya.

Baca juga:  5 Pusat Perbelanjaan Terlangkap dan Terjangkau di Kota Blitar

Dengan semua keunikan tersebut, Istana Gebang layak untuk dikunjungi, terutama bagi Anda yang tertarik dengan sejarah dan arsitektur. Biaya masuknya adalah Rp3.000 per orang.

Masjid Ar-Rahman

Masjid ini terinspirasi oleh Masjid Nabawi di Madinah sehingga mengadopsi gaya arsitektur Utsmaniyah Mamluk. Masjid yang berlokasi di Jalan Ciliwung Nomor 2, Kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar ini telah dibuka untuk umum sejak tahun 2019 dan dapat menampung sekitar 3.000 jamaah.

Fasilitasnya termasuk parfum yang sama dengan yang digunakan di Masjid Nabawi dan potongan kiswah asli yang dihiasi dengan benang emas dan perak.

Masjid Ar-Rahman dapat Anda capai dalam kurun waktu 15 menit dari Stasiun Blitar. Anda dapat mengunjunginya baik untuk beribadah maupun sekadar menikmati keindahan arsitekturnya.

Itulah beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat berada di Blitar. Semoga artikel ini bisa membantu Anda mendapatkan pengalaman yang mengesankan selama berkunjung di Bumi Bung Karno ini. Selamat berlibur!

Iklan