Jokowi Gaungkan Indonesia Maju 2045, Megawati: Urus Dulu Stunting

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat berpidato dalam puncak peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (24/6/2023) : Sumber Antara

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, merasa sangat geram dengan semangat dari slogan “Indonesia Maju 2045” yang diusung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, proyeksi ini masih jauh dari kenyataan, terutama mengingat masih tingginya kasus stunting di Indonesia.

Dia menyampaikan bahwa banyak anak di Indonesia yang mengalami masalah stunting, yaitu kondisi pertumbuhan fisik yang pendek atau sangat pendek berdasarkan panjang atau tinggi badan menurut usia yang kurang dari -2 standar deviasi (SD) pada kurva pertumbuhan WHO. Hal ini disebabkan oleh kondisi yang tak dapat dipulihkan akibat asupan nutrisi yang tidak memadai dan/atau infeksi berulang/kronis yang terjadi selama 1.000 hari pertama kehidupan (HPK).

Baca juga:  Warga Blitar Mendadak Ambruk dan Meninggal Setelah Salat di Musala SPBU

“Dalam kenyataan sekarang, kita memiliki banyak anak yang menghadapi stunting, dan mereka adalah bagian dari Republik ini. Seperti yang saya katakan tadi, setiap warga negara, termasuk anak-anak, orang tua, kaum muda, fakir, miskin, dan perempuan, memiliki hak yang sama di mata hukum,” kata Megawati di Jakarta Selatan pada Senin (21/8/2023).

Dia menyatakan bahwa prioritas pemerintah seharusnya lebih fokus pada penanganan masalah stunting terlebih dahulu, sebelum membicarakan tentang cita-cita “Indonesia Maju 2045”. “Saya merasa kesal, Pak Jokowi. Anda berbicara tentang Indonesia maju, Indonesia 2045, namun seharusnya Anda memikirkan tentang stunting. Stunting harus dihilangkan terlebih dahulu,” ujarnya.

Baca juga:  Tersisa Satu Tiket Lolos 16 Besar Piala Dunia U-17 FIFA 2023, Indonesia Hanya Tunggu Nasib

Megawati menegaskan bahwa anak-anak adalah masa depan bangsa dan menjadi tanggung jawab negara. Negara harus mampu memberikan jaminan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak baik secara fisik maupun intelektual.

Oleh karena itu, Megawati juga mengingatkan para orang tua, terutama ibu-ibu, untuk menjaga anak-anak mereka dengan baik. Dia menggarisbawahi pentingnya memberikan makanan yang bergizi kepada anak-anak.

“Kepada ibu-ibu, saya mohon, dalam hal merawat anak-anak, apakah Anda menyadari bahwa sejak janin berkembang, Anda harus menjaga pola makan yang sehat dan bergizi untuk anak-anak Anda, setidaknya hingga usia 2 tahun,” pungkasnya.

Baca juga:  3 BUMN Karya Terlilit Hutang, Waskita Sudah Angkat Tangan

Editor: Arin Al-Aziz

Iklan