Halo Blitar – Mungkin istilah ‘healing’ sudah tidak asing di telingamu. Healing sendiri merupakan waktu untuk menyembuhkan atau memulihkan secara menyeluruh. Dalam melakukan healing, kamu bisa meminta bantuan orang yang profesional.

Lalu, apakah healing dengan self-healing itu sama? Ternyata keduanya memiliki makna yang berbeda, lho. Self-healing adalah usaha yang seseorag  lakukan untuk proses penyembuhan atau pemulihan dirinya sendirinya.

Begini Cara Self Healing Di Rumah

Tidak hanya dengan berlibur ke tempat yang jauh dengan biaya mahal. Pemulihan diri sendiri dari lelahnya mental dan fisik bisa kamu lakukan dengan cara sederhana di rumah, lho. Penasaran dengan cara self healing di rumah? Yuk, simak pembahasannya sampai selesai!

Memberi Sugesti Positif untuk Diri

Cobalah untuk berdamai dengan berbagai kesalahan maupun kesalahan yang ada pada diri sendiri. Kamu bisa menuangkannya ke dalam tulisan berupa surat untuk diri sendiri dengan mengatakan hal-hal positif dan menulis bagaimana kamu mendukung diri untuk selalu maju.

Baca juga:  SMA Muhammadiyah 1 Blitar Gelar Turnamen Tenis Meja SMAMONE CUP 2023

Tidur yang Berkualitas dalam Durasi Lebih Lama

Tidur mempunyai manfaat pentung untuk self-healing. Hal karena ini karena ketika tidur, tubuhmu akan melakukan banyak proses pemulihan. Jadi, kurangnya intensitas tidur mampu melemahkan sistem daya tahan tubuh sehingga tubuh kesulitan menyembuhkan diri.

Tidak hanya itu, kurang tidur juga bisa menyebabkan peningkatan hormon stres seperti epinefrin dan norepineferin. Begadang atau memaksa diri untuk terus terjaga saat tubuh telah lelah merupakan kebiasaan yang bisa memperburuk keadaan tubuh.

Melatih Pernafasan

Kebiasaan yang satu ini bisa kamu lakukan secara rutin. Melatih pernafasan bisa membantu pikiran supaya lebih tenang dan tubuh kembali segar. Kamu dapat mencoba bernafas dengan teknik SKY.

Teknik ini meliputi siklus pernapasan yang melambat kemudian semakin cepat. Kemudian. Nafas dengan panjang dan bergetar. Dengan cara ini, rasa cemasmu akan berkurang.

Tidak hanya teknik nafas yang terkenal lainnya adalah box breathing. Cara atur nafas yang satu ini bisa kamu mulai dengan menarik nafas selama empat hitungan. Lalu, menahannya selama empat hitungan, hembuskan selama empat hitungan, dan tahan selama empat hitungan juga.

Melakukan Banyak Kegiatan Positif

Mengurangi makanan kurang sehat dan mendengarkan alunan musik yang menenangkan bisa membantumu merasa nyaman dan rileks. Maka dari itu, hindari makanan tinggi gula, kafein, dan minyak.

Kamu juga dapat menyibukkan diri dengan menanam bunga kesayanganmu. Terdapat penelitian yang mengatakan bahwa kegiatan berkebun mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan mampu mengurangi stres.

Mengonsumsi Teh Herbal

Beberapa tanaman herbal dan teh memang bisa membantu tubuh dan pikirna lebih tenang. Misalnya, peppermint atau chamomile. Berdasarkan penelitian tahun 2016 oleh Mao, chamomile mampu membantu mengurangi gejala kemasan jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Baca juga:  Tren Perkembangan Ekonomi Indonesia Tahun 2023

Sedangkan, menurut penelitian Vaezi tahun 2017 menyatakan bahwa peppermint mempunyai bau khas yang mampu mengurangi kecemasan.

Kini, tumbuhan herbal seperti keduanya bisa kamu temukan dengan mudah. Bahkan, kamu dapat menemukan tanaman peppermint dan chamomile dalam bentuk teh instan dengan beragam merek.

Nah, itulah beragam cara yang bisa kamu coba untuk mengembalikan energi diri sendiri. Apapun emosi negatif yang telah atau sedang kamu rasakan pasti bisa kamu hadapi.

Terima semua emosi tersebut dan sembuhkan perlahan dengan cara self healing di rumah. Kamu, bisa melewati semua drama hidup karena masalah tidak akan pernah salah memilih pundak untuk singgah. Selalu tenangkan diri dan jangan melakukan hal yang bisa memperburuk suasana hati. Semoga bermanfaat!

—-

Editor: Arin Al-Aziz

Iklan