Sebagai salah satu ruangan yang akan sering dipakai, kamar mandi perlu didesain dengan baik dan benar, agar penghuni rumah ataupun tamu yang datang dapat menggunakan kamar mandi dengan nyaman dan aman. Salah satu langkah yang cukup penting adalah dengan memilih keramik ubin kamar mandi.

Ada banyak contoh keramik kamar mandi, mulai dari keramik dengan motif yang ramai seperti Mozaik, Marmer, hingga keramik polos yang cocok untuk Anda yang ingin kamar mandi dengan desain yang simple. Berikut ini 5 rekomendasi motif keramik ubin kamar mandi yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Keramik Polos

Yang pertama adalah keramik polos. Untuk Anda yang ingin memiliki kamar mandi dengan konsep minimalis, simple, dan eksklusif, Anda bisa memilih keramik ubin motif polos. Anda bisa memilih keramik ubin kamar mandi dengan warna monokrom seperti hitam, abu-abu, atau putih dengan aksen matte agar anti licin. Selain itu, konsep kamar mandi berwarna monokrom juga tidak mudah kotor dan terlihat minimalis.

Sebaliknya, jika Anda ingin memasukkan unsur colorful pada kamar mandi Anda, Anda bisa memilih keramik polos dengan pilihan warna yang cerah, seperti warna kuning, biru muda, dan kombinasi putih pada furnitur kamar mandi. Namun, mungkin Anda akan lebih sering meluangkan waktu untuk membersihkan kamar mandi mengingat kotoran pada warna cerah bisa lebih mudah terlihat.

2. Keramik Granit

Salah satu jenis keramik yang banyak digunakan untuk kamar mandi adalah keramik granit. Ubin dari keramik granit memiliki permukaan yang tidak mudah licin dan juga sedikit kasar, sehingga aman untuk penghuni rumah, terutama untuk manula yang ingin ke kamar mandi.

Baca juga:  3 Manfaat Penggunaan Karpet Lantai Tebal di Rumah

Selain anti licin, keramik granit juga memiliki desain yang menarik dan cocok untuk kamar mandi dengan desain minimalis. Secara otomatis, penggunaan material keramik granit dapat meningkatkan keindahan kamar mandi serta memberikan kesan eksklusif pada kamar mandi Anda.

Untuk tampilan kamar mandi yang lebih menarik, Anda bisa membuat kamar mandi Anda dengan tone yang senada, seperti memilih furniture kamar mandi dengan warna putih atau warna yang berlawanan dengan keramik granit untuk menciptakan nuansa monokrom yang simple.

3. Keramik Motif Bunga

Ingin memiliki kamar mandi dengan tampilan yang ramai, namun tetap sederhana? Anda bisa menggunakan keramik motif bunga. Penggunaan keramik motif bunga dapat memberikan sentuhan yang menarik pada kamar mandi Anda, namun tetap terlihat sederhana dan juga tidak begitu ramai.

Tidak hanya itu, dari segi keamanan, keramik motif bunga juga lebih aman karena motif bunga yang timbul dapat melindungi Anda dari terpeleset, alias sudah anti slip. Sehingga, keramik motif bunga tidak hanya memberikan estetika saja, namun juga dari segi keamanan.

4. Keramik Motif Caspari

Jika Anda ingin memiliki kamar mandi dengan sentuhan yang ramai namun tetap terlihat mewah, Anda bisa menggunakan keramik motif Caspari. Keramik motif Caspari dapat memberikan sentuhan ala abad pertengahan yang simple namun terlihat eksklusif.

Walau begitu, Anda disarankan untuk memilih ubin yang sudah dilengkapi anti-slip, sehingga dapat melindungi penghuni rumah, terutama orang tua dan anak-anak agar tidak merasa licin saat sedang menggunakan kamar mandi.

5. Keramik model Batuan Alam

Salah satu jenis keramik yang banyak digunakan dan disukai adalah keramik model batuan alam. Model keramik ini banyak disukai, karena tidak hanya dapat menambahkan estetika kamar mandi, namun juga memberikan nuansa yang tenang, natural, dan juga nyaman pada kamar mandi Anda.

Selain itu, banyak keramik model batuan alam yang sudah anti-slip, sehingga tidak hanya menambahkan estetika kamar mandi saja, namun juga memberikan rasa aman yang lebih baik di kamar mandi Anda. Untuk motifnya pun beragam, mulai dari yang polos hingga yang terdiri dari berbagai warna.

6. Rubber Laminating

Alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan rubber laminating di kamar mandi Anda. Dengan begitu, ada efek anti-slip serta lebih mudah dibersihkan.

Cocok untuk Anda yang khawatir akan kamar mandi yang licin hingga dan untuk Anda yang ingin memiliki kamar mandi yang mudah untuk dibersihkan.

Merawat Ubin Kamar Mandi Agar Tidak Licin

Untuk menjaga ubin kamar mandi agar tidak mudah licin, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda ikuti.

  • Bersihkan Secara Rutin

Lakukan pembersihan rutin pada ubin kamar mandi secara teratur. Bersihkan lantai dan dinding dengan sabun cair atau pembersih khusus yang direkomendasikan untuk keramik. Pastikan untuk menghindari penggunaan pembersih berbasis asam atau abrasif yang dapat merusak permukaan ubin.

Baca juga:  Cetak Undangan Pernikahan Blitar Berkualitas Harga Bersahabat di Endless

Gunakan sikat lembut atau kain lembut untuk membersihkan noda atau kotoran yang membandel. Setelah membersihkan, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan lap bersih untuk menghindari penumpukan air yang dapat meninggalkan noda atau kerak.

  • Langsung Bersihkan Noda atau Kotoran

Segera bersihkan noda atau kotoran yang terjadi di atas ubin kamar mandi. Semakin cepat Anda mengatasi noda, semakin mudah untuk membersihkannya.

Gunakan lap atau tisu bersih untuk menyerap atau mengelap noda atau tumpahan, kemudian bersihkan dengan pembersih yang sesuai. Jangan biarkan noda atau tumpahan mengering karena dapat menyulitkan proses pembersihan.

  • Pakai Pelindung Tambahan

Jika Anda ingin memberikan perlindungan tambahan pada ubin kamar mandi, Anda dapat menggunakan produk-produk seperti pelapis atau lapisan perlindungan tambahan.

Produk-produk ini dapat membantu melindungi permukaan ubin dari noda, goresan, atau kerusakan akibat penggunaan sehari-hari.

Demikian tips memilih ubin untuk kamar mandi Anda. Jika Anda ingin membeli bahan bangunan yang murah dan mudah, Anda bisa membelinya dengan mudah dan cepat di  Buka Bangunan. Ada banyak produk bahan bangunan yang bisa Anda pilih di Buka Bangunan.

Iklan