Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Dirmanto membantah bahwa helikopter yang membawa Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto bersama rombongan melakukan pendaratan darurat di Tulungagung pada Rabu (22/2/2023).

Sebaliknya, helikopter Kapolda Jatim melakukan alternatif landing di lapangan terbuka setelah kunjungan kerja ke Polres Pacitan. Hal ini dilakukan sebagai tindakan yang lazim dalam dunia penerbangan jika kondisi cuaca tidak memungkinkan untuk melanjutkan penerbangan dengan aman.

Menurut Dirmanto, alternatif landing yang dilakukan oleh pilot helikopter Kapolda Jatim adalah tindakan yang lazim dalam dunia penerbangan. Dalam keadaan cuaca buruk atau tidak memungkinkan untuk terbang, pilot harus mencari tempat yang aman untuk mendarat, dan lapangan terbuka adalah salah satu alternatifnya.

Baca juga:  Pagelaran Seni Ortom AUM Meriahkan Musyda Muhammadiyah Kota Blitar

Dia juga menegaskan bahwa alternatif landing bukan sama dengan pendaratan darurat, yang biasanya disebabkan oleh masalah teknis pada mesin pesawat atau masalah teknis lainnya.

Dirmanto menjelaskan bahwa pilot helikopter Kapolda Jatim tidak menghadapi masalah teknis pada mesin, dan semua penumpang di dalam helikopter termasuk Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto dalam kondisi selamat karena helikopter berhasil mendarat dengan sempurna di lapangan terbuka. Dia menambahkan bahwa keamanan dan keselamatan penumpang selalu menjadi prioritas utama dalam setiap penerbangan.

Baca juga:  Konflik Pengelolaan Sumber Air, Kejaksaan Negeri Blitar Nyatakan Siap Bela PDAM

Kondisi cuaca yang buruk dapat mempengaruhi keamanan penerbangan dan memaksa pilot untuk melakukan tindakan pencegahan, seperti alternatif landing. Oleh karena itu, selalu penting untuk mengikuti aturan keselamatan penerbangan dan menghormati keputusan pilot dalam setiap situasi penerbangan.

Kontributor: Salma Hanani
Editor: Arin Al-Aziz

Iklan