Salah satu anggota Tim Delapan dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Sudirman Said, mengumumkan bahwa tidak lama lagi akan diumumkan kandidat calon Wakil Presiden (cawapres) yang akan mendampingi Anies Baswedan dalam Pemilu 2024.

“Rencana pengumuman calon cawapres untuk Anies Baswedan masih dalam tahap pembahasan di Koalisi Perubahan untuk Persatuan,” ujar Sudirman Said dalam pernyataan yang diterima di Jakarta pada Minggu (13/8/2023).

Dikutip dari Inilah.com, Ia menjelaskan bahwa koalisi menghargai perbedaan pandangan mengenai waktu deklarasi dan pengumuman calon pendamping Anies Baswedan. “Ketiga partai dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan memiliki latar belakang dan konteks internal yang berbeda, meskipun memiliki tujuan yang sama, yaitu mendukung dan memenangkan pasangan calon presiden dan cawapres dari koalisi perubahan,” tambahnya.

Baca juga:  Wacana Poros baru Gerindra, PAN, Golkar, Apakah PKB Akan Mundur?

Sebagai mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said meyakini bahwa setiap pandangan memiliki latar belakang dan dasar pemikiran yang berbeda-beda. Beberapa waktu yang lalu, Ketua Umum Partai NasDem juga menyuarakan pendapatnya bahwa lebih baik menunggu deklarasi calon cawapres Anies Baswedan dari koalisi lain terlebih dahulu, bahkan merujuk pada kemungkinan dilakukan menjelang batas waktu pendaftaran resmi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sementara itu, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera berharap agar deklarasi bersama dilakukan sesegera mungkin dan mengumumkan nama calon cawapres Anies.

Baca juga:  Ratusan Relawan Jokowi Kini Deklarasi Dukung Prabowo Capres

Sudirman menegaskan bahwa meskipun terdapat perbedaan pandangan, seluruh partai dalam koalisi tetap berkomitmen untuk mengikuti Piagam Koalisi, yang memberikan mandat kepada calon presiden untuk memilih pasangannya sendiri.

Sudirman menyatakan bahwa Anies telah menerima masukan berbagai nama calon pendamping selama beberapa bulan terakhir melalui konsultasi dengan berbagai tokoh masyarakat, termasuk pemimpin partai dan tokoh nonpartai. Ia mengungkapkan bahwa nama cawapres telah diputuskan oleh Anies, dan saat ini sedang dalam proses komunikasi untuk menginformasikan keputusan tersebut kepada para ketua umum partai dalam koalisi dan tokoh-tokoh masyarakat.

Baca juga:  Soal Pemimpin Lari Maraton, Analogi Jokowi yang Dinilai Dukungan ke Ganjar

“Dalam waktu dekat, setelah komunikasi selesai, para pemimpin partai akan sepakat pada momen terbaik untuk melakukan deklarasi bersama dalam koalisi dan mengumumkan nama pasangan calon,” tutur Sudirman.

“Dalam kesempatan ini, kami memohon doa dari berbagai pihak yang mengharapkan perubahan, karena Koalisi Perubahan untuk Persatuan akan segera secara resmi mendeklarasikan pasangan Anies Baswedan untuk Pemilu 2024,” tambah Sudirman.

Editor: Rozak Al-Maftuhin

Iklan