Pemerintah Kota Blitar kembali mengumumkan program beasiswa untuk mahasiswa yang aktif berkuliah. Beasiswa ini khusus untuk mahasiswa yang berasal dari Kota Blitar dan prioritasnya adalah bagi mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Pembukaan pendaftaran beasiswa direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Desember 2024 mendatang. Besaran beasiswa yang akan diberikan oleh Pemerintah Kota Blitar mencapai Rp24 juta per mahasiswa.

“Masing-masing mahasiswa akan mendapatkan beasiswa sebesar Rp24 juta, yang artinya setiap semester sebesar Rp12 juta,” ungkap M. Aminurcholis selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Blitar pada Jumat (31/05/24).

Baca juga:  Gandeng Inspiratips Media, SMPM 2 Kota Blitar Adakan Pelatihan Mengelola Web Sekolah

Pemerintah Kota Blitar memperkirakan jumlah penerima beasiswa akan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2022, sebanyak 25 mahasiswa aktif menerima beasiswa.

“Kemungkinan jumlah penerima beasiswa akan bertambah pada tahun ini, tetapi kita masih perlu mempertimbangkan kekuatan anggaran yang tersedia,” tegasnya.

Beberapa kriteria penerima beasiswa pendidikan tinggi Pemkot Blitar sebagai berikut:

  1. Beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan jenjang Sarjana maupun Diploma IV minimal semester I dan maksimal semester VIII.
  2. Mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00.
  3. Bagi calon penerima yang masih menempuh semester I, wajib memiliki nilai rata-rata rapot SMA minimal 6,5.
Baca juga:  Keuntungan Belajar Bahasa Inggris Secara Online

Persyaratan penerima dan dokumen pendaftaran beasiswa pendidikan dari Pemkot Blitar sebagai berikut:

  1. Warga Kota Blitar yang sedang menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi yang terakreditasi A dan/atau program studi dengan akreditasi A.
  2. Mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Blitar.
  3. Orangtua berdomisili di wilayah Kota Blitar.
  4. Bukan merupakan putra/putri dari ASN, TNI, dan POLRI aktif, kecuali dalam keadaan tertentu.
  5. Mempunyai keterbatasan terkait finansial.
  6. Mempunyai prestasi

Beasiswa pendidikan ini merupakan wujud nyata dari kepedulian Pemerintah Kota Blitar kepada anak muda yang lahir dan tumbuh di Bumi Bung Karno. Pemkot Blitar juga berharap dengan hadirnya beasiswa ini bisa menjamin pendidikan anak-anak muda di wilayah Kota Blitar.

Iklan