Esemka, jenama otomotif asal Indonesia dipastikan bergabung pada ajang pameran otomatis IIMS (Indonesia International Auto Show) 2023 yang akan berlangsung pada tanggal 16 – 26 Februari di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat.

Project Manager IIMS, Rudi MF mengatakan mereka sudah dapat izin dari pemegang merek. Jadi Esemka dipastikan hadir di pameran ini. Esemka direncanakan akan menempati Hall A dan bersanding dengan berbagai merek ternama. Seperti Suzuki, Mitsubishi, Morris Garage, Mobbi, Indomobil Group, DFSK dan Pertamina.

Meski begitu, Rudi masih enggan bercerita lebih jauh mengenai kegiatan apa saja yang akan Esemka lakukan selama mengikuti ajang IIMS 2023 nanti. Dia berucap lebih baik tanyakan langsung ke yang bersangkutan terkait kegiatan Esemka di IIMS dan segala macamnya.

Baca juga:  PLN Kembangkan Biomassa Limbah Sawit, Geser PLTU Berbasis Batu Bara

Komentar Warganet

Dengan kehadiran Esemka di IIMS, turut menuai komentar dari warganet yang beranggapan bahwa adanya unsur politis terkait hadirnya mobil tersebut. Banyak cuitan yang mengatakan, Esemka hanya muncul saat sudah dekat pemilu atau Pilpres. Selepas itu, tiba-tiba menghilang bak mobil demit.

“Munculnya kalau mau pemilu, lepas pemilu menghilang. Mobil demit,” cuitan dari akun @Sugihbondo5

“Maklum.., sudah dekat pemilu/pilpres,” timpal akun @Dzul_haq5

Ketika membicarakan Esemka, tidak mengherankan lagi jika warganet selalu menjadikannya bahan sindiran karena merek tersebut tidak bisa lepas dari sosok Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pasalnya, Presiden Jokowi yang memperkenalkan mobil Esemka kepada masyarakat umum.

Baca juga:  Dituduh Maling Kambing, Pria di Blitar Tewas Dihakimi Massa

Jokowi kala itu masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Mulanya, ia memerkenalkan mobil rakitan anak-anak SMK di Solo itu sebagai mobil dinasnya. Berkat Esemka, nama Jokowi pun melambung di bursa pencalonan Pilkada DKI Jakarta 2012 hingga Pilpres 2014.

Pada akhir masa jabatan periode pertama pada September 2019, Jokowi meresmikan pabrik mobil Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi yang berlokasi di Sambi – Boyolali, Jawa Tengah. Namun sayangnya, mobil buatan Esemka kerap menuai kontroversi. Tidak sedikit masyarakat yang mempertanyakan keaslian produk otomotif tersebut.

Baca juga:  Kisah Mistis dari Blitar, Keranda Penjemput Nyawa

Bahkan muncul spekulasi bahwa PT SMK hanya ingin menjual mobil bermesin buatan China dengan embel-embel Esemka. Di gelaran IIMS 2023, Esemka nantinya akan tergabung dengan 45 peserta lain seperti BMW, Audi, Chery, Citroen, DFSK, Daihatsu, Hyundai, Kia, Mitsubishi, MG, Nissan, Prestige, Subaru, Suzuki, Toyota, VW dan juga Wuling.

Untuk produk roda duanya, antara lain Benelli, Energica, Keeway, Husqvarna, Honda, Italjet, Kawasaki, Niu, KTM, PMA, Yamaha, Royal Enfield, Utomotcorps serta Yadea.

Editor: Luthfia Azarin

Iklan