Desa Wisata Serang yang terletak di Kabupaten Blitar menawarkan beragam daya tarik wisata. Mulai dari alam, budaya, edukasi, hingga buatan. Terletak di wilayah selatan Blitar, desa ini menampilkan pantai dengan pemandangan matahari terbenam yang memukau, gua yang menakjubkan, dan masih banyak lagi.

Berbagai jenis wisata dapat dinikmati di Desa Wisata Serang, termasuk wisata kuliner yang juga menjadi daya tariknya. Apakah Anda penasaran dengan apa yang ditawarkan dan seberapa indahnya Desa Wisata Serang? Mari simak pembahasannya hingga akhir!

Wisata Alam Desa Serang

Di antara daya tarik alam yang terkenal di Blitar adalah Pantai Serang. Keindahan panorama pantai ini, terutama saat matahari terbenam dari Oktober hingga Februari. Pada rentang waktu tersebut, matahari tenggelam tepat di tengah Pantai Serang.

Selain Pantai Serang, terdapat juga Pantai Serit di sekitarnya yang menampilkan batuan berwarna-warni dan laguna sepanjang 1,5 kilometer. Pantai Maesan juga menjadi tempat pendaratan perahu nelayan yang menarik untuk dikunjungi.

Baca juga:  Rumah Sakit Kanker Terbaik di Malaysia: Pilihan IHH Healthcare

Tidak hanya pantai, Desa Wisata Serang juga menawarkan wisata gua seperti Goa Kedungkrombang yang menampilkan stalaktit dan stalagmit yang memukau. Pengunjung juga dapat menikmati pencahayaan yang menakjubkan di dalam gua.

Salah satu wisata gua lainnya adalah Goa Grontol yang memiliki panjang 1,5 kilometer. Wisata alam ini cocok bagi mereka yang suka petualangan susur gua dengan pemandangan bebatuan kars yang menakjubkan.

Wisata Budaya Pantai Serang

Selain keindahan alam, Desa Wisata Serang juga menawarkan wisata budaya yang memadukan warisan budaya lokal. Salah satunya adalah Serang Culture Festival yang merupakan festival desa wisata terbesar di Blitar Raya dan biasanya digelar pada bulan September-Oktober.

Wisatawan juga dapat menikmati atraksi kesenian tradisional seperti Jaranan Jawi atau Jur yang menampilkan tarian kuda dan barong yang khas. Ada juga kesenian Jaranan Pegon yang dipentaskan oleh generasi muda.

Wisata Kuliner Desa Wisata Serang

Sebagai pelengkap, ragam kuliner yang ditawarkan di Desa Wisata Serang juga sangat menarik. Para pengunjung dapat menikmati hidangan khas pantai seperti ikan bakar, cumi, gurita, serta segarnya degan.

Menyantap hidangan tersebut dengan sambal khas Desa Wisata Serang tentu akan meningkatkan kenikmatannya. Selain itu, wisatawan juga dapat mencoba berbagai jajanan tradisional desa seperti pala pandem, kicak, cenil, dan jenang sumsum.

Wisata Buatan dan Edukasi Desa Wisata Serang

Desa Wisata Serang sedang mengembangkan berbagai wahana buatan dan program edukatif untuk memperkaya daya tariknya. Salah satunya adalah Cemara Educamp yang merupakan sebuah tempat yang menyediakan area camping ground, outbond, playground, serta area untuk acara family gathering di alam terbuka.

Baca juga:  Perbandingan Harga Vespa Matic Baru dan Bekas: Mana yang Lebih Ekonomis?

Fasilitas Desa Wisata Serang

Fasilitas yang tersedia di Desa Wisata Serang sangat komprehensif. Termasuk area parkir, fasilitas kamar mandi umum, musala, kios suvenir, kegiatan outbound, dan area dengan sambungan wifi. Selain itu, Desa Wisata ini juga menawarkan pilihan kuliner lokal dan tempat makan.

Dengan begitu, Serang menjadi pilihan yang tepat bagi para wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati hidangan khas daerah setempat. Tidak hanya itu, Desa Wisata juga menyediakan fasilitas spot foto bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen liburannya.

Demikianlah ulasan mengenai daya tarik Desa Wisata Serang. Jangan lupa sempatkan diri untuk mengunjunginya saat berlibur di Blitar, ya!

Editor: Indo Guna Santy

Iklan