Calon jamaah haji (CJH) dari Kota Blitar telah mulai menyiapkan diri untuk keberangkatan mereka. Sebanyak 169 CJH dari tiga kecamatan di Kota Blitar dijadwalkan untuk berangkat menuju tanah suci Makkah pada tanggal 24 Mei 2024 nanti.

Baedowi selaku Plt Kepala Seksi Ibadah Haji dan Umrah di Kantor Kementerian Agama Kota Blitar menjelaskan bahwa sebanyak 169 CJH dari tiga kecamatan tersebut akan bergabung dalam kelompok terbang atau kloter 55. Mereka nantinya akan bergabung dengan CJH dari wilayah Situbondo dan Sidoarjo.

Baca juga:  Visi Politik Dianggap Janji Belaka, Buntut Wabup Blitar Mundur

“Kloter 55 embarkasi Surabaya dijadwalkan untuk berangkat pada tanggal 24 Mei ini,” ungkap Baedowi pada hari Minggu (12/5/2024).

Baedowi juga menekankan bahwa para CJH telah mulai mempersiapkan diri untuk hari-hari yang dinantikan tersebut. Sementara itu, Kementerian Agama terus melakukan sosialisasi untuk menjaga kesehatan para jamaah, apalagi mengingat sebagian besar dari mereka sudah berusia lanjut.

“Semua dokumen dan berkas sudah lengkap. Kami ingin meminta kepada semua Calon Jemaah Haji (CJH) untuk menjaga kondisi kesehatan mereka,” ujarnya. Hal ini termasuk menjalani manasik haji untuk memastikan bahwa pelaksanaan ibadah mereka di Makkah berjalan lancar.

Dia menambahkan bahwa tahapan berikutnya adalah pengambilan koper. Informasi lebih lanjut mengenai waktu dan tempat pengambilan barang-barang ini akan segera pihaknya sampaikan. Semua proses akan dikoordinasikan secara baik.

Pihaknya berharap agar para calon jamaah mematuhi ketentuan terkait barang-barang yang boleh dan tidak boleh mereka bawa. “Nantinya, akan ada penjelasan lebih lanjut mengenai aturan tersebut,” jelasnya.

Pria yang ramah ini menjelaskan bahwa sebanyak 169 CJH akan didampingi selama perjalanan. Ada Petugas Haji Daerah (PHD) yang akan terus mengawal mereka untuk memastikan kelancaran selama persiapan, pelaksanaan, dan setelah ibadah.

Baca juga:  Rahmat Santoso Mundur dari Wakil Bupati Blitar, Inilah Alasannya

Secara keseluruhan, jumlah CJH yang berangkat ditambah dengan PHD adalah 173 orang. Sementara itu, CJH termuda berasal dari Kota Blitar berusia 19 tahun, sedangkan yang tertua sudah berusia 90 tahun.

Editor: Indo Guna Santy

Iklan