Kota Blitar merupakan salah satu kota kecil di Provinsi Jawa Timur yang memiliki berbagai tempat bersejarah, budaya, dan religi yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari masjid yang indah hingga pura yang damai, ada banyak pilihan destinasi yang dapat membuat liburan Anda di Blitar lebih berkesan dan bermakna bersama keluarga.

Berikut ini sederet destinasi religi yang bisa Anda pertimbangkan untuk kunjungi saat berlibur di Blitar. Mari simak pembahasannya hingga selesai!

Masjid Ar-Rahman

Masjid Ar-Rahman yang dibangun antara tahun 2018 dan 2019 adalah hasil dari pengalaman spiritual seorang pengusaha asli Blitar saat melaksanakan ibadah haji. Terinspirasi oleh desain Masjid Nabawi di Madinah dengan arsitektur khas Utsmaniyah Mamluk, masjid ini memiliki desain yang unik.

Dengan luas lahan 5.000 meter persegi, masjid ini mampu menampung hingga 3.000 jamaah di dua lantainya. Selain keindahannya, Masjid Ar-Rahman juga terlengkapi dengan fasilitas modern seperti AC, karpet salat yang nyaman, dan bahkan kain Kiswah asli dari Museum Ka’bah di Arab Saudi.

Langgar Gantung An-Nur

Langgar Gantung An-Nur adalah tempat ibadah yang terdesain menggantung tanpa menyentuh tanah untuk melindungi dari serangan binatang buas pada masa itu. Dibangun antara tahun 1826 hingga 1830 oleh Mbah Irodikoro, seorang prajurit dari Pangeran Diponegoro.

Baca juga:  Tips Aman dan Nyaman Berlibur Bersama Anak di Waterpark

Langgar ini berfungsi sebagai pusat dakwah Islam, tempat perencanaan strategi perlawanan terhadap kolonial Belanda, dan tempat ibadah bagi masyarakat Desa Plosokerep. Hingga saat ini, bangunan dengan bahan bangunan utama terbuat dari kayu jati dan anyaman bamboo ini masih aktif digunakan untuk kegiatan keagamaan,.

Masjid Baiturrahim di Blitar

Masjid yang berlokasi di jalur alternatif strategis antara Blitar dan Kota Kediri ini memiliki suasana yang tenang dengan dominasi nuansa emas dan cokelat sehinga menciptakan lingkungan yang nyaman bagi para jamaah yang beribadah.

Meskipun berada di pinggiran kabupaten Blitar, arsitektur bergaya Timur Tengah dari masjid ini sering menjadi daya tarik bagi para pengunjung sebagai tujuan wisata religi. Hal ini menjadikan masjid ini sebagai pusat kegiatan keagamaan dan sosial yang penting bagi komunitas setempat.

Bahkan, seringkali orang-orang yang hanya melewati sekitar merasa terpanggil untuk singgah dan beribadah di salah satu masjid paling megah di Blitar ini. Anda dapat menemukan Masjid Baiturrahim di Jalan Brawijaya No.17, Bacem, Ponggok, Kabupaten Blitar.

Vihara Bodhigiri

Vihara Bodhigiri merupakan tempat ibadah umat Buddha yang terletak di kawasan pegunungan. Dikelilingi oleh Gunung Kelud di utara, Pagergunung di selatan, dan Gunung Kawi di timur, vihara ini tidak hanya menawarkan pemandangan yang memukau, tetapi juga suasana yang ideal untuk meditasi.

Berlokasi di ketinggian 550 meter dari permukaan laut dengan luas area hampir 60.000 meter persegi, Vihara Bodhigiri menawarkan udara segar dan damai. Relief yang menghiasi lorong vihara ini menambah keindahan tempat ini dan mengingatkan kita pada seni yang terdapat di Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Vihara Bodhigiri bukan hanya tempat ibadah bagi umat Buddha, tetapi juga terbuka untuk siapa pun yang ingin belajar meditasi atau sekadar berkunjung.

Jadi, bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata religi sambil menikmati keindahan alam, Vihara Bodhigiri dapat dicapai dengan perjalanan sekitar 45 menit dari pusat Kota Blitar melalui akses jalan yang baik. Anda dapat menemukan Vihara Bodhigiri di Sumberjo, Desa Balerejo, Wlingi, Kabupaten Blitar.

Pura Sapto Argo Sido Langgeng

Pura ini terletak di puncak bukit, bukan hanya digunakan sebagai tempat ibadah dan upacara, tetapi juga sebagai tempat untuk pertunjukan budaya yang istimewa sambil menampilkan pemandangan alam yang indah.

Baca juga:  6 Rekomendasi Wisata Alam di Trenggalek, Cocok untuk Healing

Arsitektur pura ini menarik dan istimewa karena mencerminkan penghormatan kepada leluhur Jawa yang beragama Hindu dengan menggabungkan gaya bangunan dari tiga kerajaan besar di Nusantara.

Desain gerbangnya terinspirasi dari Candi Penataran dari zaman Kerajaan Majapahit, sedangkan struktur dalamnya meniru model bangunan Candi Prambanan di Yogyakarta.

Sebagai tempat yang dianggap suci, Pura Sapto Argo Sido Langgeng menerapkan beberapa aturan bagi pengunjung, termasuk menggunakan jarik yang tersedia atau membawa sendiri.

Khususnya untuk perempuan, disarankan untuk datang dalam keadaan bersih. Pura ini berlokasi di Sumbergondo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Mulai dari masjid yang megah hingga pura yang menenangkan, Blitar memiliki beragam destinasi wisata religi yang unik dan menarik. Setiap tempat memberikan pengalaman spiritual yang berbeda dan berharga. Jangan lupa mengunjungi salah satu destinasi tersebut saat berada di Blitar, ya!

Editor: Indo Guna Santy

Iklan