Dengan adanya Program RT Keren Pemerintah Kota Blitar, warga RT03 / RW01 Kelurahan Bendo kompak berinisiatif untuk mengadakan Pelatihan Kue Kering pada hari Sabtu, 14 Mei 2023 yang bertempat disalah satu rumah warga. Pada acara tersebut dihadiri oleh Lurah Bendo, Kelompok Masyarakat (POKMAS) Wisanggeni RW 01, Beberapa Perangkat RT 03 dan RW 01 serta 18 orang perwakilan peserta pelatihan.

Acara pelatihan ini dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara khidmat.

Kemudian pada sambutan pembukaan Ketua RT 03 / RW 01 Kelurahan Bendo, Bapak D. Abyantono mengatakan bahwa dengan terselenggaranya acara Program RT Keren (Non Fisik) Kota Blitar 2023 ini diharapkan para peserta dapat mendapatkan keahlian dalam berwirausaha secara mandiri maupun kelompok untuk membuat kue kering.

Baca juga:  Tuntut Penyelesaian Konflik Agraria, Ratusan Petani Geruduk Kantor Bupati Blitar

“Alhamdulillah antusias warga RT 03 – RW 01 dalam mengikuti Program RT Keren Pelatihan Pembuatan Kue Kering ini sangatlah tinggi melebihi pagu yang direncanakan. Semoga bisa bermanfaat untuk semua warga,” terang Ketua RT 03 ini.

Dilanjutkan sambutan oleh Ketua RW 01 Kelurahan Bendo, Bapak Purwanto menyapa para peserta dengan senyuman hangat dan mengharapkan pelatihan kue kering ini dapat memberdayakan masyarakat sekitar guna menumbuhkan potensi ekonomi kreatif.

Pesan Lurah Bendo pada Peserta Pelatihan

Pada acara tersebut Ibu Lurah Bendo, Bu Tri Yuni Shoimatul Hasanah memberikan pesan pada peserta pelatihan untuk bisa mengembangkan hasil dari pelatihan ini sehingga berlanjut dan tidak berhenti ketika pelatihan ini selesai.

Baca juga:  Ansor NU Blitar Geram, Tempat Hiburan Malam Tetap Beroperasi Saat Ramadan

Pesan dari Salah Alumni IPDN ini, nantinya hasil produk dari pelatihan ini bisa dipasarkan pada wisatawan yang datang di area Sumber udel maupun Masjid Ar-Rahman. Dan tak hanya itu, beliau menambahkan agar bisa memasarkan ke pasar digital seperti halnya Shopee, Tokopedia, Tiktok dan lain sebagainya.

Menariknya lagi narasumber pelatihan pembuatan kue kering ini pun masih memberdayakan dari warga RT 03 setempat. Dikenal sebagai Pengusaha Kue Kering ini, Ibu Luccy Mutia menjelaskan dengan gamblang mulai resep utama dari Kue Nastar dan Cornflakes Cookies beserta pemasarannya.

Baca juga:  Dipecat Jasa Ekspedisi, Mantan Kurir di Blitar Alih Profesi Jadi Pengantar Sabu

Nantinya setelah pelatihan pembuatan kue kering ini usai, peserta akan ditetap diakomodir untuk memproduksi kue kering lebih banyak khususnya Nastar dan kue lainnya untuk dipasarkan baik secara offline maupun online.

Liputan: Dary Abyantono

Iklan