Ada hidangan mi ayam yang unik di Blitar, terbuat dari sayuran pakcoy organik. Mi ini tidak hanya lezat, tetapi juga kaya akan nutrisi.

Anda bisa menemukan mi organik ini di Kebun Honocoroko yang terletak di Jalan Togogan, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar. Biasanya, sayuran pakcoy hanya dijadikan pelengkap makanan. Namun, di kafe ini, pakcoy diolah menjadi bahan utama pembuatan mi organik.

“Kami sengaja menggunakan pakcoy sebagai bahan dasar mi karena kami menanam sendiri pakcoy ini. Jadi, semua yang ditanam di sini kami olah menjadi hidangan sehat,” ujar Jasmine selaku Manajer Honocoroko pada Minggu (26/5/2024).

Baca juga:  Berkah Agustusan, Persewaan Kostum Karnaval di Tulungagung Banjir Cuan

Jasmine menjelaskan bahwa proses pembuatan mi ini serupa dengan mi pada umumnya, namun perbedaannya terletak pada penambahan sayuran pakcoy. Warna hijau pada mi berasal dari pewarna alami pakcoy.

“Kami juga menanam sayuran lain seperti sawi, cabai, dan daun bawang sendiri. Jadi, bisa dibilang semua bahan berasal dari kebun kami,” tambahnya.

Menurut Jasmine, kafe ini memang mengusung konsep organik. Sebelum menjadi kafe, Honocoroko adalah kebun sayur milik pamannya. Sekarang, kafe ini menyediakan makanan dan minuman organik serta menjadi tempat untuk kelas luar ruangan bagi siswa playgroup, TK, dan SD.

“Awalnya, kebun tersebut dimiliki oleh paman dan tante. Karena bingung dengan hasil panen yang melimpah, akhirnya kami memutuskan untuk membuka kedai yang kemudian berkembang hingga sekarang,” jelasnya.

Seorang pengunjung bernama Ika (28) mengaku tertarik dengan hidangan yang tersedia di Honocoroko. Salah satu menu favoritnya adalah mi ibuk, yakni mi ayam yang terbuat dari bahan organik seperti sayur pakcoy.

“Awalnya saya penasaran ingin mencoba mi yang terbuat dari sayur. Setelah mencobanya, rasanya enak, gurih, dan tidak aneh sama sekali. Kuahnya juga gurih dan segar, jadi sangat enak,” ujarnya.

Baca juga:  Fakta Menarik Tentang Mixue, Kedai Es Krim Favorit Baru

Menurut Ika, warna hijau pada mi juga menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, mi ini terlengkapi dengan potongan daging ayam, sayur sawi, kerupuk, dan bakso.

“Lebih sehat karena semua bahannya organik dari sayuran. Apalagi mereka menanam sendiri sayurannya, jadi lebih aman untuk anak-anak,” tambah Ika.

Tertarik untuk mencoba mi sehat ini? Honocoroko buka setiap hari Selasa hingga Minggu. Harga makanan dan minumannya cukup terjangkau, mulai dari Rp10 ribu.

 

Editor: Indo Guna Santy

Iklan