Halo Blitar – TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 1 Kota Blitar mengadakan market day sebagai implementasi P5, Sabtu (4/2/2023). Mengusung tema kewirausahaan, para siswa terlihat antusias berperan menjadi penjual dan pembeli. Gelar karya tersebut diikuti oleh 5 kelas dari kelas A dan B.

Kepala TK ABA 1 Kota Blitar, Indriana Muslihatin, S.Pd menjelaskan, anak membawa dagangannya dari rumah yang nantinya akan dijual di sekolah. Semua barang dagangan tidak diperbolehkan untuk dijual lebih dari harga tiga ribu rupiah.

Baca juga:  Ditancapi Bendera, Jalan Rusak di Blitar Dijanjikan Akan Diperbaiki

Masing-masing orang tua anak membawakan dagangan buatan mereka sendiri. Ada yang menjual sate buah, puding, nasi bento mini, hingga kerajinan tangan. Anak-anak menjual dagangannya sendiri. Lalu dibeli antar teman dan anak di kelas lain. Kelas TK A dan B diberi bekal uang pecahan dua ribu rupiah untuk dipergunakan membeli.

Indriana menyampaikan gelar karya proyek penguatan profil pelajar Pancasila ini merupakan bagian dari implementasi kurikulum merdeka di sekolah.

“Kami berharap dengan adanya gelar karya ini dapat memberikan pembelajaran langsung kepada anak-anak tentang profesi pedagang dan pengusaha,” katanya.

Baca juga:  Warga Blitar Mendadak Ambruk dan Meninggal Setelah Salat di Musala SPBU

Kegiatan yang berlangsung di halaman gedung dakwah Muhammadiyah ini dihadiri oleh para wali siswa TK ABA 1 Kota Blitar.

“Selain itu, kami juga melibatkan paguyuban wali siswa untuk kreativitas kegiatan market day ini,” imbuhnya.

Indriana menuturkan pendanaan kegiatan ini dari paguyuban, karena termasuk bagian kreativitas orang tua dan siswa  dalam membuat bahan dagangan. Melalui tema kewirausahaan, menyiapkan anak supaya siap berdaya saing dan menumbuhkan jiwa berwirausaha.

—-

Editor: Arin Al-Aziz

Iklan