TikTok, aplikasi berbagi video singkat ini sedang menguji coba fitur baru yang mengandalkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk membuat avatar. Informasi ini terungkap dari postingan twitter milik konsultan media sosial, Matt Navarra.

Dalam unggahan tersebut memperlihatkan bahwa avatar yang dimaksud mempunyai perbedaan dengan avatar 3 dimensi seperti avatar instagram. TikTok membuat avatar dengan tampilan yang hampir serupa dengan lukisan.

Menurut Matt, fitur baru AI Avatar ini dikembangkan oleh TikTok. Fitur yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk mengubah 3 hingga 10 foto diri menjadi avatar. Ada kurang lebih lima gaya yang berbeda dan bisa dipilih oleh penggunanya untuk membuat avatar dengan bantuan AI.

Baca juga:  Kenaikan Suku Bunga The Fed Perkuat Rupiah Hingga 113 Poin

Prosesnya cukup cepat, hanya hitungan beberapa menit saja. AI akan segera memproses permintaan dan menyajikan 30 avatar yang bisa penggunanya pilih. Pengguna TikTok bisa mengunduh satu atau beberapa avatar ke smartphone mereka.

Avatar tersebut juga bisa pengguna bagikan ke TikTok stories atau menggunakannya sebagai gambar profil. Akan tetapi, selama masa uji coba ini, hanya ada beberapa orang saja yang bisa mencoba fitur tersebut dan hanya bisa memanfaatkannya sekali dalam sehari.

TikTok sudah menetapkan beberapa batasan dalam pemakaian fitur terbaru ini. Foto yang dianggap melanggar pedoman komunitas tidak bisa dimanfaatkan untuk pembuatan avatar dan semua foto yang terunggah akan dimoderasi oleh sistem aplikasi.

Baca juga:  Perbandingan Harga Vespa Matic Baru dan Bekas: Mana yang Lebih Ekonomis?

TikTok juga akan menghapus semua foto yang terunggah setelah beberapa waktu berlalu. Hal ini karena fitur ini masih dalam tahap uji coba sehingga belum terilis secara resmi. Ketika nantinya akan dirilis, maka fitur ini sudah melewati perbaikan untuk peluncuran secara global.

Editor: Indo Guna Santy

Iklan