Banyak orang menyarankan untuk mencoba makanan khas setiap daerah yang dikunjungi, termasuk di Kota Blitar. Kota ini terkenal dengan beragam kuliner unik yang layak untuk dicicipi, termasuk makanan dengan bahan baku yang mungkin dianggap tidak lazim oleh sebagian orang.

Artikel ini akan mengajak Anda menjelajahi hidangan “nyeleneh” dari Blitar. Mari simak ulasannya sampai selesai!

Iwak Uceng

Serba-Serbi Kuliner Khas Blitar yang Kurang Lazim, Mau Coba?

Iwak Uceng merupakan sebuah hidangan mungkin dianggap kurang menarik bagi sebagian orang karena bentuknya yang kecil dan pipih. Namun, masyarakat Blitar mengolah Iwak Uceng menjadi makanan yang begitu lezat sehingga mampu memikat lidah siapa pun yang mencobanya.

Biasanya, Iwak Uceng diselimuti dengan tepung dan digoreng hingga krispi, lalu bisa dinikmati bersama lalapan dan sambal terasi. Hidangan ini cukup terkenal di Blitar sehingga banyak warung nasi Iwak Uceng yang tersebar.

Baca juga:  Sibuk Membuat Anda Tak Sempat Mencuci Baju? Jeeves Indonesia Solusinya

Sate 02

Berbeda dari sate pada umumnya, Blitar memiliki sate unik yang terbuat dari daging bekicot. Meskipun menggunakan bahan yang tidak umum, daging bekicot memiliki tekstur yang kenyal dan lembut.

Meski disebut sate, makanan ini tidak disajikan seperti sate pada umumnya yang ditusuk dengan lidi. Namun, makanan ini tersaji dengan bumbu kacang atau krengsengan. Sate 02 banyak dijual di Desa Siraman, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar.

Entung Jati

Selain sate 02 alias sate bekicot, ada juga makanan bernama Entung Jati yang merupakan olahan dari ulat. Pada musim penghujan di Blitar, banyak warga yang mencari ulat di pohon jati untuk dijual. Ulat ini diolah menjadi berbagai hidangan seperti tumis entung dan rempeyek.

Baca juga:  CV ATS Friendly: Pengertian, Cara Kerja serta Pentingnya dalam Melamar Pekerjaan

Meskipun makanan ini mungkin terdengar tidak biasa, namun warga Blitar banyak yang meminatinya.

Bakso Jagal

bakso jagal Blitar

Bakso Jagal di Blitar menawarkan pengalaman yang tidak biasa. Berbeda dengan bakso yang biasanya tersaji dengan gorengan sebagai topping, Bakso Jagal justru menawarkan berbagai bagian jeroan dan anggota tubuh sapi lainnya.

Mulai dari babat, usus, hati, limpa, jantung, terpedo, kaki, hingga cingur (moncong sapi). Saat melihat dandang baksonya, mungkin ada yang merasa agak terkejut karena bagian-bagian tubuh sapi masih utuh dan akan dipotong menjadi potongan kecil saat ada pesanan.

Baca juga:  Catering Murah di Blitar, Berikut Rekomendasinya Terbaiknya

Jangkrik

jangkrik krispi

Di Blitar, jangkrik tidak hanya populer sebagai pakan burung, tetapi juga bisa menjadi hidangan yang sedap. Mulai dari hidangan yang basah hingga kering seperti jangkrik krispi. Meskipun mungkin terdengar aneh, masyarakat Blitar sangat menyukai hidangan ini karena rasanya yang tetap lezat.

Selain itu, sebagian masyakarat Blitar juga meyakini bahwa jangkrik memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Demikianlah berbagai makanan unik yang bisa Anda temui di Blitar. Apabila Anda penasaran, tidak ada salahnya mencoba hidangan tersebut ketika mengunjungi Blitar. Selamat berlibur!

Iklan