Dinas Pendidikan Kota Blitar terus berupaya meningkatkan kekreatifan dan inovasi para peserta didik dari tingkat TK hingga SMP. Salah satu upayanya adalah melalui pelaksanaan Festival Inovasi, Edukasi, dan Kreativitas Insan Pendidikan (FIESTA) yang diadakan setiap tahun.

Pada Rabu (15/5/2024), FIESTA kembali terselenggara di halaman kantor Dispendik Kota Blitar di Jalan A. Yani.

Festival ini berlangsung selama dua hari sebagai bagian dari perayaan Hari Pendidikan Nasional 2024 (Hardiknas) dan dibuka langsung oleh Wali Kota Santoso yang didampingi oleh Priyo Suhartono selaku Sekretaris Daerah.

Selain itu, acara tersebut juga menjadi momentum peluncuran program Gerakan Harmoni SEKOLAHKU yang melibatkan minimal 17 organisasi perangkat daerah (OPD). Peluncuran ini tertandai dengan penandatanganan komitmen yang diwakili oleh lima OPD.

Baca juga:  TK ABA 1 Kota Blitar Gelar Karya Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Wali Kota Santoso memberikan apresiasi terhadap acara tersebut. Menurutnya, FIESTA adalah acara yang dapat memicu semangat kreativitas para siswa. Melalui acara ini, siswa dan guru dapat bekerja sama untuk menciptakan karya-karya.

Santoso berharap agar FIESTA terus dikembangkan setiap tahunnya karena dunia pendidikan dinamis dan selalu mengalami perubahan.

Sebanyak 38 stan pameran telah menambah semarak acara FIESTA. Peserta pameran berasal dari berbagai lembaga Pendidikan. Mulai dari tingkat anak usia dini (PAUD), TK, SD, hingga SMP, termasuk juga lembaga pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM). FIESTA tahun ini memilih tema “Gerakan Harmoni SEKOLAHKU”.

Menurut Dindin Ali Nurdin selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar, tujuan dari Gerakan Harmoni SEKOLAHKU adalah untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, asri, dan sehat. Dispendik berkolaborasi dengan berbagai instansi terkait untuk mewujudkan gerakan ini.

“Dalam hal ini, beberapa perwakilan OPD telah menandatangani komitmen untuk mendukung gerakan ini. Kami bekerja sama untuk menciptakan lingkungan sekolah yang sehat,” ujar Dindin.

Misalnya, dengan berkolaborasi bersama Dinas Kesehatan, Dispendik bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang sehat. Dengan Dinas Lingkungan Hidup, mereka berusaha mengembangkan program sekolah adiwiyata guna menciptakan lingkungan sekolah yang asri dan sehat.

Baca juga:  PPDB Jalur Zonasi Tingkat SMP di Kota Blitar, Masih Ada 4 Sekolah Belum Penuhi Pagu

Selain itu, dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), mereka berusaha meningkatkan kesadaran akan administrasi yang tertib.

Dispendik berkomitmen untuk meningkatkan kualitas acara FIESTA. Pihaknya ingin acara ini tidak hanya menjadi seremonial belaka, tetapi juga menjadi sarana untuk mengembangkan kreativitas peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.

“Ini tentu merupakan tantangan bagi kami, terutama bagi para pendidik di Kota Blitar. Melalui acara ini, kami berharap dapat menghasilkan generasi muda yang berbakat dan inovatif,” tambah Dindin.

 

Editor: Indo Guna Santy

Iklan