RS Islam Aminah Blitar dengan penuh semangat menyongsong peluncuran program Tahsin yang dirancang khusus untuk memperkaya spiritualitas para karyawannya. Dalam serangkaian upaya memperkukuh keimanan dan memperdalam pemahaman terhadap Al-Quran, tahap screening program ini telah sukses dilakukan pada tanggal 2 hingga 4 Oktober 2023.

Ibu Diah Prameswari, S.Kep.Ns, Kepala Bidang Sumber Daya Islami sekaligus Pembina Takmir Musholla Nurussyifa, menjelaskan bahwa program Tahsin bukan sekadar pengajaran membaca Al-Quran, melainkan juga merupakan bagian integral dari strategi pengembangan sumber daya manusia di RS Islam Aminah.

Dalam wawancaranya, beliau menekankan betapa pentingnya meningkatkan keahlian membaca Al-Quran untuk meraih pencerahan spiritual dan moral. Karyawan diharapkan akan merasakan manfaatnya tidak hanya dalam memperbaiki tajwid dan melafalkan ayat-ayat suci, tetapi juga dalam mendalami pesan-pesan mendalam yang terkandung di dalamnya.

Baca juga:  Silaturrahim Tokoh, RSI Aminah Berikan Bingkisan dan Cek Kesehatan

Proses seleksi peserta Tahsin melibatkan Drs. Mukhlis Cholid sebagai penguji. Dalam perannya, beliau bukan sekadar menilai keterampilan membaca Al-Quran, tetapi juga memperhatikan kecermatan dan dedikasi peserta dalam memahami dan menghayati setiap kata yang tertera dalam Al-Quran.

Beliau berharap program ini akan menjadi model bagi institusi-institusi lain, menginspirasi lebih banyak karyawan untuk menggali ilmu dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

RS Islam Aminah Blitar optimis bahwa program Tahsin ini bukan hanya akan menciptakan pembaca Al-Quran yang ulung, tetapi juga akan membangun landasan moral dan etika yang kokoh di antara karyawannya. Melalui program ini, rumah sakit berharap akan muncul kesadaran yang lebih mendalam akan ajaran Islam, yang kemudian akan tercermin dalam perilaku sehari-hari para karyawan.

Baca juga:  RS Islam Aminah Blitar Kembali Memberangkatkan Umroh Karyawan Berdedikasi Tinggi 2023

Tak hanya itu, program Tahsin ini juga dijadwalkan akan menjadi salah satu kriteria penilaian bagi karyawan di Bidang AIK (Al Islam Kemuhammadiyahan) sebagaimana yang telah tertera dalam Pedoman SIRSMA (Standard Islami Rumah Sakit Muhammadiyah Aisyiyah). Dengan pelaksanaannya yang akan dimulai pada bulan November 2023, RS Islam Aminah Blitar menantikan hasil positif dari program ini, yaitu terbentuknya komunitas karyawan yang tidak hanya mahir dalam membaca Al-Quran, tetapi juga teguh dalam keyakinan dan bertaqwa kepada Tuhan.

Semoga program Tahsin ini akan menjadi cikal bakal bagi serangkaian kegiatan positif lainnya yang melibatkan para karyawan dalam upaya pengembangan diri, peningkatan akhlak, dan memperkuat ikatan spiritual dengan nilai-nilai agama. Dengan demikian, RS Islam Aminah Blitar tidak hanya menjadi pusat pelayanan kesehatan yang unggul, tetapi juga menjadi pusat pembinaan jiwa yang mencerahkan.

Baca juga:  Ratusan Kades dari Kabupaten Blitar Gruduk Gedung DPR RI

Editor: Luthfia Azarin

Iklan