Ramadhan merupakan bulan yang istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selain sebagai bulan puasa, Ramadhan juga menjadi waktu yang tepat untuk memperbanyak ibadah dan aktivitas positif lainnya. Salah satu aktivitas yang sering dilakukan saat menjelang berbuka puasa adalah ngabuburit, yaitu kegiatan untuk mengisi waktu sambil menunggu waktu berbuka tiba.

Namun, ngabuburit yang hanya diisi dengan kegiatan yang tidak bermanfaat justru akan menghilangkan makna dari ibadah puasa itu sendiri. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa rekomendasi ngabuburit yang bermanfaat dan dapat membuat waktu menunggu berbuka puasa menjadi lebih produktif:

Membaca Al-Quran

Salah satu kegiatan yang paling bermanfaat saat ngabuburit adalah membaca Al-Quran. Selain sebagai ibadah, membaca Al-Quran juga dapat memberikan ketenangan dan kedamaian batin. Pilihlah surah-surah yang memang sudah dikuasai atau bacaan yang sudah dikenal agar tidak terjadi kesalahan dalam membaca.

Baca juga:  PBNU Berharap Ketegangan Politik Bisa Mereda saat Ramadan

Belajar Bahasa Arab

Bahasa Arab merupakan bahasa yang digunakan dalam kitab suci Al-Quran. Oleh karena itu, belajar bahasa Arab saat ngabuburit juga merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat. Selain dapat mempermudah dalam memahami isi Al-Quran, belajar bahasa Arab juga dapat membuka pintu rezeki di dunia dan akhirat.

Membuat Jurnal

Membuat jurnal saat ngabuburit juga merupakan kegiatan yang bermanfaat. Gunakan waktu menunggu berbuka puasa untuk merefleksikan diri dan menuliskan segala hal yang terjadi selama hari itu. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesadaran diri dan memperbaiki diri.

Menulis Buku

Jika Anda memiliki hobi menulis, ngabuburit dapat menjadi waktu yang tepat untuk menulis buku. Gunakan waktu menunggu berbuka puasa untuk menulis ide-ide yang sudah terpikirkan sebelumnya atau mulai menulis bagian-bagian buku yang belum selesai.

Berolahraga Ringan

Olahraga ringan seperti jogging atau berjalan-jalan di sekitar lingkungan sekitar juga dapat menjadi kegiatan ngabuburit yang bermanfaat. Selain dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, olahraga ringan juga dapat membuat tubuh terasa lebih segar saat berbuka puasa.

Menonton Video Edukatif

Memanfaatkan waktu ngabuburit dengan menonton video edukatif di platform online seperti YouTube atau TEDx juga bisa menjadi kegiatan yang bermanfaat. Pilihlah video yang dapat memperluas pengetahuan atau memberikan inspirasi.

Membaca Buku

Membaca buku adalah kegiatan yang baik untuk dilakukan saat ngabuburit. Baca buku yang sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai hal.

Baca juga:  Silaturahim dengan Warga Tulungagung, Venna Melinda Minta Doa Untuk Maju ke Senayan

Belajar Memasak

Belajar memasak juga bisa menjadi kegiatan yang bermanfaat saat ngabuburit. Gunakan waktu menunggu berbuka puasa untuk mencoba memasak resep baru atau memperbaiki keahlian memasak yang sudah ada.

Berbagi Makanan

Saat ngabuburit, Anda juga dapat berbagi makanan dengan orang-orang sekitar yang membutuhkan. Hal ini dapat memberikan manfaat baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

Demikianlah beberapa rekomendasi ngabuburit yang bermanfaat dan dapat membuat waktu menunggu berbuka puasa menjadi lebih produktif. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


Kontributor: Rozak Al-Maftuhin
Editor: Arin Al-Aziz

Iklan