Belajar saham harus sabar dan teliti mengingat banyaknya istilah-istilah asing untuk menjelaskan aktivitas trading. Apalagi transaksi saham  biasanya disertai dengan chart atau grafik naik turun yang punya arti sendiri.

Supaya bisa memahaminya, mulailah untuk mempelajari fitur dan istilah yang sering muncul dalam aplikasi investasi dan trading. Artikel ini secara khusus akan membahas istilah Support dan Resistance Saham. Simak penjelasannya di bawah ini.

Perbedaan Support dan Resistance Saham

Memahami pengertian support dan resistance dapat membantu Anda saat melakukan aktivitas trading. Mempelajari kedua istilah tersebut, membantu pengguna atau trader untuk mengetahui titik yang menjadi tanda apakah harga aset menjadi turun atau naik.

Ini jadi pertimbangan untuk memilih level sebelum memutuskan untuk membeli atau menjual saham. Termasuk cara untuk menentukan level resistance dan support saham. Sebelum itu, kita mulai dengan mempelajari pengertian support dan resistance terlebih dahulu.

Pengertian Support Saham

Pernahkah Anda mendengar tentang upaya untuk menjaga harga saham tetap stabil dan grafiknya tidak terdorong ke arah tertentu?

Nah, kondisi tersebut juga diartikan sebagai support, yakni ketika  titik harga sewaktu-waktu berada di posisi rendah dan dibutuhkan cara supaya harganya tidak turun terlalu jauh.

Saat terkena support, harga seolah-olah mendapatkan pantulan dan posisinya kembali di atas. Singkatnya, dalam pergerakan harga, support berada di titik paling rendah dan dapat ditanggapi dengan aksi buy.

Pengertian Resistance Saham

Sebaliknya, resistance adalah kondisi dimana harga berada di titik paling atas. Terjadinya resistance biasanya disebabkan banyaknya investor yang menjual aset untuk mendapatkan keuntungan yang optimal.

Baca juga:  Mastahtugas, Rekomendasi Jasa Tugas Kuliah Profesional

Tingginya angka penjualan aset kemudian dapat ditahan dengan adanya resistance. Tujuannya adalah supaya harga aset tidak melonjak terlalu tinggi. Saat grafik menunjukkan terjadinya resistance, maka solusinya dapat berupa aksi sell.

Jika dijelaskan dengan ilustrasi, maka support dan resistance digambarkan menggunakan garis melengkung, miring, atau horizontal.

Selain itu, ilustrasi juga dapat berupa persegi panjang yang menggambarkan area shadow/area perpanjangan. Shadow adalah garis panjang di bagian candle yang dapat menjadi tempat untuk perubahan harga.

Fungsi Support dan Resistance Saham

Support dan resistance saham ternyata punya peranan penting bagi trader, lho! Salah satunya membantu Anda untuk membaca grafik atau chart saham. Support dan resistance yang berbentuk garis ternyata punya fungsi penting, sebagai berikut:

1. Meminimalisasi Risiko 

Risiko trading dapat dicegah dan diminimalisasi dengan adanya garis support dan resistance.

Seperti yang kita ketahui, saat terjun trading dan belajar saham maka harus siap dengan segala tantangan dan risikonya.

Selama ada support dan resistance Anda tidak perlu khawatir dan dapat mencegah kemungkinan buruk saat harga terlalu tinggi dan terlalu rendah.

2. Memahami Potensi Saham

Membaca garis support dan resistance dalam grafik dapat membantu Anda untuk mengetahui dimana titik harga dan cara pengembalian arah saham. Saat harga saham terkena support, maka saham sudah kembali atau rebound.

3. Mempertimbangkan Harga yang Tepat

Selanjutnya, support dan resistance berfungsi untuk melihat harga yang tepat. Apabila Anda berminat untuk mengoleksi saham, jangan lupa untuk belajar membaca grafik pergerakan harga saham dan menentukan harga yang tepat.

4. Melakukan Analisa Terhadap Saham yang Berpotensi Turun atau Naik

Aktivitas saham seringkali ditunjukkan dengan adanya grafik atau pola dengan posisi naik atau turun.

Grafik tersebut juga dikenal dengan istilah chart pattern dan dibutuhkan resistance dan support untuk mengartikan pola-pola tersebut. Contoh polanya adalah bottom, top head, double top, dan lain-lain.

Cara Menentukan Support dan Resistance

Singkatnya, analisa saham dapat dipahami apabila Anda belajar tentang support dan resistance saham. Berikut ini adalah penjelasan tentang cara menentukan garis support dan resistance:

1. Memakai Angka Bulat

Angka bulat juga biasa disebut sebagai  angka psikologis. Contoh angka bulat adalah 100, 500, 2000, 3500, dan seterusnya.

2. Moving Average Convergence Divergence (MACD)

Anda dapat memulainya dengan memiliki aksi buy ketika garis merah dan garis biru berada di titik 0 dan membentuk golden cross.

Sedangkan aksi sell dapat dilakukan jika garis merah dan garis biru ada di titik 0 dan membentuk death cross.

3. Garis Manual

Apa yang dimaksud dengan garis manual? Menentukan garis support dan resistance dapat ditinjau dari history tentang harga saham pada periode tertentu.

Di waktu tersebut, carilah titik harga paling rendah dan tinggi kemudian tarik garis horizontal secara manual pada kedua titik tersebut.

4. Pivot Point

Penghitungan dengan cara pivot point adalah mempertimbangkan harga terendah, tertinggi, dan penutupan di periode sebelumnya. Kemudian masukkan harga saham di hari sebelumnya dan hari ini.

Baca juga:  Panduan Memilih Percetakan Terbaik untuk Hasil Maksimal

Tambah Penghasilan dan Bantu Bisnis Makin Berkembang dengan Aplikasi Panggilin

Aplikasi Panggilin

Selain dari saham, Anda juga bisa rutin mendapatkan pemasukan tambahan dengan menjadi seorang freelancer. Salah satu aplikasi yang dapat menghubungkan freelancer dan klien dengan mudah dan praktis adalah Panggilin.

Pada aplikasi ini, Anda akan dengan mudah menemukan klien sesuai dengan keahlian Anda. Lakukan pekerjaan yang diminta dan penghasilan Anda akan semakin bertambah seiring dengan semakin banyaknya project yang dikerjakan.

Selain itu bagi para pemilik bisnis, Panggilin tentu akan sangat membantu untuk membantu usaha makin berkembang dengan menyerahkan sebagian tugas langsung kepada ahlinya.

Jadi Anda bisa dengan mudah mengelola core bisnis ataupun melakukan ekspansi tanpa perlu khawatir penuh distraksi.

Apalagi, kini Panggilin menghadirkan banyak layanan untuk #BeresinSemua urusan marketing dan product campaign dengan lebih mudah, praktis juga terpercaya.

Mulai dari  jasa talent marketing, growth hacking,market research serta Manage service bisa Anda dapatkan di Panggilin dengan harga terbaik serta Gig Worker yang tersebar di seluruh Indonesia.

Jangan khawatir, Panggilin juga sangat berpengalaman karena telah menangani lebih dari 500 klien dengan kebutuhan berbeda dari latar belakang industri yang berbeda sehingga tidak perlu dikhawatirkan lagi.

Oleh karena itu tunggu apa lagi? Tambah penghasilan maupun cari perbantuan untuk #BeresinSemua urusan marketing Anda hanya dengan Panggilin!

Iklan