Proses mengirim barang agar bisa sampai ke tujuan memang cukup panjang dalam jasa pengiriman. Hal tersebut dikarenakan agar bisa tiba di alamat tujuan, maka paket harus lewat sejumlah proses pengiriman.

Di mana proses tersebut ialah first, middle, dan last mile. Proses panjang tersebut kerap kali membuat pengirim atau penerima jadi was-was, sebab risikonya cukup besar seperti barang hilang, rusak, atau tertukar.

Namun adanya asuransi pengiriman ini sangat membantu agar melindungi paket tersebut. memanfaatkan asuransi ini, maka penerima maupun pengirim tidak perlu khawatir, terutama ketika membeli barang dengan nilai tinggi.

Mengenai Asuransi Jasa Pengiriman dan Jenisnya

Asuransi pengiriman barang merupakan salah satu jaminan yang diberikan oleh jasa pengiriman terhadap paket. Biasanya berupa gantu rugi sesuai dengan nilai barang jika selama dikirim terjadi kerusakan, hilang, atau tertukar.

Saat memanfaatkan fasilitas ini, maka akan untung jika paket mengalami hal tidak diinginkan seperti yang disampaikan sebelumnya. Sebab pihak pengirim tidak perlu melakukan ganti rugi dan sudah ditanggung pihak ekspedisi.

Baca juga:  RSUD Ngudi Waluyo Wlingi Bangun Gedung Rawat Inap 8 Lantai untuk Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

Ada beberapa jenis asuransi pengiriman barang yang sebaiknya diketahui agar dapat melindungi paket. Salah satunya yakni marine cargo atau asuransi barang via laut yang merupakan jaminan perlindungan paket dikirim lewat laut.

Jadi apabila terjadi badai atau goncangan, maka pihak jasa pengiriman akan memberikan tanggung jawab. Selain itu risiko jika kirim paket melalui laut lebih besar dibandingkan jika mengirimkan via udara atau darat.

Selain itu ada jenis darat yang akan diberikan ganti rugi apabila selama proses kirim barangnya terjadi kehilangan atau kerusakan. Sama seperti jalur laut, kirim via darat juga rentan terjadi kerusakan.

Apalagi untuk barang pecah belah, elektronik, atau paket yang mudah kadaluarsa seperti bahan makanan. Jadi sebaiknya gunakan asuransi agar pengiriman juga lebih aman dan pelanggan tetap merasa puas.

Untuk jenis lainnya ialah asuransi kirim via udara, meskipun risiko terjadinya kerusakan atau tertukar cukup rendah, namun tidak ada salahnya jika menggunakan fasilitas ini. Sehingga pengiriman lebih aman.

Untuk kategori asuransi pengangkutan paket ini dibagi jadi dua, yakni pengiriman jumlah besar dengan perjanjian antara produsen dan pihak asuransi. Selain itu ada juga golongan barang elektronik perjanjiannya antara pelanggan dan ekspedisi.

Manfaat dari Memakai Asuransi Pengiriman

Ada banyak hal menguntungkan yang bisa Kamu dapatkan jika memanfaatkan fasilitas ini. Untuk menghitung biaya asuransi sendiri tergantung jumlah volume serta nilai barang dan sangat bermanfaat untuk barang besar.

Salah satu manfaatnya ialah adanya kemudahan menggunakannya, sebab cukup menambah biaya kirim. Biasanya akan dikenakan sekitar 0,2-0,3% dan akan secara otomatis dijumlahkan dengan tarif kirim langsung, jadi lebih gampang.

Selain itu manfaat memakai asuransi jasa pengiriman ialah dapat menghindari mengganti beban biaya pribadi. Apabila tidak menggunakan fasilitas ini dan mengalami hal tidak diinginkan, maka pengirim akan bertanggung jawab sendiri.

Baca juga:  Mastahtugas, Rekomendasi Jasa Tugas Kuliah Profesional

Tentunya untuk bentuk tanggung jawabnya dengan mengganti memakai biaya sendiri. Sementara apabila memanfaatkan premi layanan pengiriman, maka dapat mempercayakan langsung perlindungan jaminan barang sampai ke tangan penerima dengan selamat.

Hal menguntungkan lain ialah antara pengirim dan penerima akan merasa tenang jika memakai layanan ini. Sebab selama paket atau barang dikirimkan, maka pihak ekspedisi menjamin perlindungannya dan memastikan paket aman.

Ketika memakai layanan tersebut, sangat penting memberikan info barang dengan lengkap dan jujur. Mengirimkan barang memanfaatkan fasilitas ini, pengirim akan diminta mengisi kolom untuk nilai barang dan wajib diisi benar.

Karena itu nantinya akan mempengaruhi perhitungan presentase asuransi pada paketnya. Menggunakan layanan dari jasa pengiriman ini memang menguntungkan, apalagi ketika mengirimkan barang dalam jumlah banyak dan jauh.

Iklan