Pemerintah Kota Blitar sedang bersiap untuk menambah fasilitas pendukung angkutan khusus ke Bandara Dhoho Internasional Kediri. Salah satu upaya yang sedang Pemkot Kota Nlitar pertimbangkan adalah menambah halte bus untuk mempermudah penumpang yang pergi dari Blitar menuju ke Bandara Dhoho Internasional Kediri.

“Tentu jika itu, namun hingga saat ini masih menunggu kejelasan operasional Bandara Dhoho Internasional Kediri, sembari kita meninjau jumlah penumpang,” kata Juari selaku Kepala Dinas Perhubungan Kota Blitar pada Selasa (30/04/24).

Pemerintah Kota Blitar sudah merencanakan pembangunan halte bus khusus untuk kendaraan yang menuju Bandara Kediri. Halte bus tersebut akan menjadi tempat penjemputan bagi calon penumpang Bandara Dhoho Internasional Kediri.

Baca juga:  3 RT Telah Dinobatkan Sebagai Pemenang Program RT Keren Kota Blitar

Halte tersebut akan berada di jalur dan trayek angkutan khusus Bandara Dhoho Internasional Kediri yang meliputi rute dari Terminal Patria Kota Blitar menuju Srengat, Kandat, Terminal Tamanan, hingga ke Bandara Dhoho Internasional Kediri.

Sampai saat ini, sudah ada dua operator bus yang mengajukan izin, namun keputusan akan diambil setelah melihat tingkat penerimaan oleh masyarakat. Kedua PO Bus yang sudah melakukan pengajuan izin tersebut adalah Harapan Jaya dan Bagong.

PO Harapan Jaya sudah menyiapkan empat armada bus untuk operasional awal dengan kemungkinan menambah armada jika ada peningkatan jumlah penumpang.

Baca juga:  Semarak Ramadhan, RS Islam Aminah Blitar Gelar Lomba MTQ

Verie Sugiharto selaku Kepala Terminal Patria Blitar menyatakan bahwa PO Harapan Jaya akan memulai dengan empat armada bus, tetapi siap menambah armada jika diperlukan untuk melayani penumpang dari Blitar ke Bandara Dhoho Internasional Kediri.

Harapan Jaya merupakan salah satu dari dua operator bus yang mengajukan izin ke Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur untuk menjadi angkutan khusus dari Blitar ke Bandara Dhoho Internasional Kediri.

Meskipun kedua operator sudah mengajukan izin, namun yang telah memperoleh izin hingga saat ini adalah PO Harapan Jaya yang sudah mempersiapkan empat armada bus untuk beroperasi ke Bandara Dhoho Kediri.

Baca juga:  Leptospirosis yang Disebabkan Kencing Tikus 'Hantui' Masyarakat Tulungagung

Mereka memperkirakan akan ada banyak jemaah umroh dan pekerja migran dari Blitar yang akan menggunakan Bandara Dhoho Internasional Kediri sebagai titik keberangkatan.

Editor: Indo Guna Santy

Iklan