Halo Blitar – Presiden Jokowi beserta pihak terkait masih sibuk melakukan banyak persiapan guna menyambut petinggi dari berbagai negara anggota ASEAN yang mengikuti KTT ASEAN 2023 di Indonesia. Berbagai peninjaun telah dilakukan, termasuk berkaitan dengan lokasi pelaksanaan.

Sidaharto R. Suryodipuro selaku Dirjen Kerjasama ASEAN mengatakan bahwa KTT ASEAN tahun 2023 yang terselenggara di Indonesia akan dilaksanakan pada Mei mendatang. Menurutnya, pertemuan penting tersebut kemungkinan besar akan dihelat di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

KTT ASEAN 2023 Kemungkinan Besar Terselenggara di Labuan Bajo

Ketika melakukan wawancara dengan wartawan pada hari Kamis (19/1/2023), Sidaharto R. Suryodipuro mengungkap bahwa pemerintah belum secara resmi memutuskan, namun Labuan Bajo memang menjadi salah satu pilihan yang mempunyai peluang besar sebagai tempat penyelenggaraan KTT.

Baca juga:  Satu Rumah dan 3 Kios di Tulungagung Dilalap Jago Merah Saat Mudik Lebaran

Menurutnya, Labuan Bajo masuk ke dalam daftar lokasi yang berpotensi menjadi tuan rumah KTT karena daya tariknya yang dapat menyita perhatian dunia.

“Hal ini menggambarkan perhatian dan prioritas pemerintah Indonesia kepada berbagai wilayah lain yang ada di Indonesia. Jadi, ada kepentingan untuk memanfaatkan pertemuan KTT ASEAN guna menarik perhatian negara luar kepada wilayah lain Indonesia, termasuk Labuan Bajo”, ungkap Sidharto.

Sedangkan untuk Ibukota Jakarta dipilih menjadi lokasi penyelenggaraan pertemuan para menteri luar negeri dari seluruh anggota perhimpunan bangsa di Asia Tenggara. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, 3-4 Februari 2023. Pertemuan tersebut merupakan sebuah agenda pembuka dalam serangkaian kegiatan KTT ASEAN 2023 di wilayah Indonesia.

Baca juga:  Guna Kelola Bandara Kediri sampai 50 Tahun, Gudang Garam dan AP I Teken KSO

Berita mengejutkan juga hadir dari negara tentangga. Untuk pertama kalinya, Timor Leste akan mengirimkan menteri luar negerinya dalam pertemuan ASEAN Coordination Council sejak negara tersebut resmi menjadi anggota baru ASEAN pada pertemuan KTT tahun lalu yang terselenggara di Kamboja.

Tidak hanya pertemuan dengan para petinggi seluruh negara anggota perhimpunan ASEAN, KTT ini juga akan menyelenggarakan banyak rangkaian pertemuan antara pemimpin luar negeri. Rencananya, pertemuan ini akan berlagsung pada bulan Juli mendatang.

Kemudian, acara akan dilanjut dengan KTT Asia Timur (​​East Asia Summit) yang rencananya terselenggara bulan Desember 2023.

Baca juga:  Dukung Program Perumahan Rakyat, Laba Bank BTN 2022 Capai Rp3,04 T

—-

Editor: Indo Guna Santy

Iklan