Mortar atau semen instan adalah campuran semen, pasir, dan air yang digunakan untuk mengikat, mengisi, serta menutup celah dalam proses konstruksi. Biasanya, campuran material ini dipakai pada blok-blok bangunan, seperti unit batu, batu bata, dan beton. Karena fungsi utamanya untuk merekatkan, tentu mortar perlu memiliki karakteristik yang mumpuni. Berikut adalah karakteristik mortar yang baik untuk macam-macam kebutuhan konstruksi.

Punya daya rekat tinggi

Karakteristik pertama yang perlu dimiliki mortar adalah daya rekat yang tinggi. Hal ini tentunya berkaitan dengan tugas utama mortar sebagai pengikat, pengisi, atau penutup celah-celah pada bangunan yang sedang dikonstruksi. Semakin tinggi daya rekat mortar, tentu akan semakin baik dan mudah penggunaannya di lapangan.

Baca juga:  Cetak Undangan Pernikahan Blitar Berkualitas Harga Bersahabat di Endless

Tahan air

Kendati terbuat dari campuran air, mortar juga harus memiliki sifat yang tahan air. Pasalnya, campuran material ini wajib mampu menghalau air agar tidak merusak material bahan bangunan yang lain. Agar sifat tahan air mortar bekerja dengan maksimal, Anda bisa menambahkan produk waterproofing.

Cepat kering

Karakteristik lain untuk mortar yang bagus adalah kemampuan untuk mengering dalam waktu singkat. Selain menghemat waktu pengerjaan, ini juga berarti bahan mortar terbuat dari campuran bahan yang tipis, halus, dan mudah diratakan.

Baca juga:  Ketahui 4 Pasang Item di Mobile Legends yang Tidak Boleh Digunakan Secara Bersamaan

Melembapkan 

Pada dasarnya, mortar akan kehilangan banyak kandungan air setelah proses pengerjaan—baik itu pengikatan, pengisian, atau penutupan blok-blok bangunan. Untuk itu, mortar yang baik seharusnya memiliki karakteristik melembapkan. Dengan begitu, blok-blok bangunan tidak akan terlepas dan tetap terekat setelah mortar mengering.

Tidak mudah retak

Karakteristik mortar yang penting lainnya adalah konsistensi yang tepat dan tidak mudah retak. Idealnya, campuran mortar yang sudah kering dan merekatkan tidak akan mudah retak atau pecah meski terkena benturan.

Dapat diaplikasikan untuk banyak hal

Karakteristik yang terakhir terletak pada kemudahan pengaplikasian. Konsistensi mortar yang bagus sejatinya mampu digunakan pada berbagai bahan bangunan dan tidak hanya untuk blok-blok bangunan saja.

Baca juga:  Mengasah Keterampilan Menulis Berita Sesuai Kaidah Jurnalistik

Itulah dia beberapa karakteristik mortar si perekat konstruksi bangunan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda yang sedang merenovasi atau membangun rumah, ya!

Iklan