Asam lambung yang naik atau dikenal dengan gastroesophageal reflux disease (GERD) bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan gangguan dalam aktivitas sehari-hari. Bagi sobat yang sering mengalami masalah ini, berikut adalah beberapa cara efektif untuk meredakan asam lambung:

1. Hindari Makanan Pemicu

Beberapa makanan dan minuman dapat memicu produksi asam lambung berlebih. Sobat sebaiknya menghindari makanan pedas, berlemak, asam, cokelat, kafein, dan minuman berkarbonasi. Menghindari makanan ini dapat membantu mengurangi gejala asam lambung.

2. Makan dalam Porsi Kecil

Makan dalam porsi kecil tetapi lebih sering dapat membantu mengurangi tekanan pada lambung. Makan besar dapat meningkatkan risiko naiknya asam lambung ke kerongkongan. Cobalah untuk makan 4-6 kali sehari dalam porsi yang lebih kecil.

3. Kunyah Makanan dengan Baik

Mengunyah makanan dengan baik dapat membantu proses pencernaan dan mengurangi beban kerja lambung. Sobat sebaiknya mengunyah setiap suapan makanan setidaknya 20-30 kali sebelum menelannya.

Baca juga:  Olahraga yang Tepat untuk Diet

4. Hindari Berbaring Setelah Makan

Setelah makan, sebaiknya sobat tidak langsung berbaring. Beri jeda sekitar 2-3 jam sebelum tidur atau berbaring agar makanan bisa dicerna dengan baik dan mengurangi risiko asam lambung naik ke kerongkongan.

5. Posisi Tidur yang Tepat

Tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi dari perut dapat membantu mencegah asam lambung naik saat tidur. Sobat bisa menggunakan bantal tambahan atau meninggikan bagian kepala tempat tidur sekitar 15-20 cm.

6. Hindari Pakaian Ketat

Pakaian yang terlalu ketat di sekitar perut dapat meningkatkan tekanan pada lambung dan memicu naiknya asam lambung. Sobat sebaiknya mengenakan pakaian yang longgar dan nyaman.

7. Konsumsi Obat Antasida

Obat antasida dapat membantu menetralisir asam lambung dan memberikan rasa lega dengan cepat. Pastikan sobat mengikuti dosis yang dianjurkan pada kemasan atau sesuai dengan petunjuk dokter.

Untuk mendapatkan informasi terkait obat sobat bisa mengunjungi laman pafisemarapura.org sebagai laman resmi organisasi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI).

8. Minum Air Putih

Minum air putih secara teratur dapat membantu mengencerkan asam lambung dan mengurangi gejala. Sobat sebaiknya minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

9. Hindari Merokok dan Alkohol

Merokok dan mengonsumsi alkohol dapat merusak lapisan pelindung lambung dan meningkatkan produksi asam lambung. Menghindari kedua hal ini dapat membantu mengurangi gejala asam lambung.

10. Cobalah Herbal Alami

Beberapa herbal seperti jahe, chamomile, dan licorice diketahui dapat membantu meredakan gejala asam lambung. Sobat bisa mencoba minum teh herbal atau suplemen yang mengandung bahan-bahan tersebut.

Baca juga:  Cegah Kanker Serviks, Dinkes Kota Blitar Digelontor 2 Ribu Vaksin HPV

11. Konsultasi dengan Dokter

Jika gejala asam lambung sobat tidak membaik dengan perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter. Dokter dapat memberikan diagnosis yang tepat dan meresepkan obat atau terapi yang lebih spesifik.

Mengatasi asam lambung memerlukan pendekatan yang menyeluruh, termasuk perubahan gaya hidup, pola makan yang sehat, dan perawatan medis jika diperlukan. Dengan menerapkan beberapa cara efektif di atas, sobat bisa meredakan gejala asam lambung dan menjalani kehidupan dengan lebih nyaman. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan tenaga medis terkait untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan sobat.

Iklan