Blitar memiliki banyak pantai mengingat letaknya yang berada di selatan Jawa. Salah satu pantai cantiknya adalah Pantai Keben, terletak di Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Surga tersembunyi satu ini belum banyak terjamah oleh manusia.

Jadi, Pantai Keben menawarkan sensasi private beach yang cocok untuk healing. Selain itu, wisata ini juga menjadi alternatif liburan ala artis dan sejenak merasakan rasanya menjadi orang kaya. Berlibur di pantai sendiri.

Kamu bisa bebas bermain air dan pasir, serta menikmati keindahan batu karang sembari melihat-lihat biota laut tanpa terganggu dengan pengunjung lainnya. Pantai Keben terasa privat karena lokasinya yang masih cukup sulit dijangkau dengan kendaraan roda 2 alias motor.

Baca juga:  Pesona Pantai Terindah dari Pulau Dewata Bali

Para pengunjung harus melewati kebun tebu, yang jalannya tidak bisa dilewati kendaraan roda empat. Meskipun ada kemungkinan jika menggunakan mobil offroad, tetapi tidak ada tempat parkir untuk mobil.

Maka dari itu, disarankan untuk mengendarai motor menuju ke pantai. Namun, harus tetap berhati-hati karena jalanan yang cukup berbahaya. Perjuangan untuk sampai ke Pantai Keben yang berat, nantinya akan terbayar dengan keindahan pantainya yang memesona.

Pantai Keben tidak terlalu luas, tetapi pasir pantainya lembut dan cantik. Tidak disarankan untuk berkemah karena pantai ini tidak menyediakan fasilitas yang cukup.

Pantai ini juga termasuk pantai yang bersih dari sampah karena tidak ada banyak wisatawan yang datang ke sana. Jangan mencoba untuk mandi di Pantai Keben sebab tidak ada fasilitas kamar ganti atau bilas. Selain itu, ombaknya pun cukup besar dan berbahaya.

Jika kamu tertarik ke sana, ada tiga rute yang bisa dipilih:

  • Rute Utama: Kota Blitar – Kanigoro – Sutojayan – Ngeni – Ngadipuro – JLS Arah Pantai Jebring – Ikuti petunjuk menuju ke Keben.
  • Rute Tambak: Kota Blitar – Kademangan – Wonotirto – Tambakrejo – JLS Arah Pantai Jebring – Ikuti petunjuk menuju ke Keben.
  • Rute Serang: Kota Blitar – Kanigoro – Sutojayan – Panggungrejo – Serang – JLS Arah Pantai – Ikuti petunjuk ke Keben.
Baca juga:  Rekomendasi Wisata Kuliner Murah Meriah di Blitar, Wajib Dicoba!

Rute pertama cocok dilewati para pengunjung dari arah barat, seperti Tambakrejo, Bakung, Kademangan dan daerah-daerah sekitarnya. Sedangkan rute ketiga cocok untuk pengunjung yang hendak berangkat dari arah timur, seperti Kesamben, Selorejo, Binangun dan Wates.

Akses jalan kedua rute tersebut sudah cukup baik. Rute ekdua sebenarnya adalah rute lama yang sudah cukup bagus aksesnya.

Editor: Luthfia Azarin

Iklan