Wilayah Blitar, Jawa Timur diguncang gempa magnitudo (M) 4,1. Pusat gempa berada di kedalaman 105 km. BMKG melaporkan gempa terjadi pada pukul 20.24 WIB, Jumat (21/7/2023). Titik gempa berada di 55 km tenggara Blitar.

Titik koordinat gempa tercatat di angka 8,63 derajat Lintang Selatan (LS) dan 112,27 derajat Bujur Timur (BT). Hingga saat ini, belum ada informasi terkait dampak yang diakibatkan oleh gempa tersebut.

Tidak Ada Bangunan yang Rusak

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar juga memastikan bahwa tidak ada bangunan atau rumah warga yang mengalami kerusakan akibat gempa. Kepastian tersebut didapatkan setelah BPBD Kabupaten Blitar melakukan asesmen.

Baca juga:  Tanggapi Tudingan Buruk, Rozak: MDMC Kabupaten Blitar Tidak Dewasa

“Nihil, tidak ada laporan adanya kerusakan bangunan,” kata Kepala BPBD Kabupaten Blitar, Ivong Bettryanto pada Sabtu (22/7/2023).

Selain tidak ada laporan bangunan yang rusak, BPBD Kabupaten Blitar pun telah memastikan tidak ada korban jiwa akibat gempa tersebut. Seluruh masyarakat Kabupaten Blitar dipastikan dalam kondisi selamat usai diguncang gempa berkekuatan 4,1 magnitudo tersebut.

“Juga tidak ada korban jiwa, semua dipastikan selamat,” tambahnya.

BPBD Kabupaten Blitar menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang apabila terjadi  gempa susulan. Warga diminta untuk menjauhi tempat-tempat tinggi untuk menghindari terkena reruntuhan bangunan ketika terjadi gempa besar.

Baca juga:  Harga Beras di Kota Blitar Meroket Tajam, Tembus Hingga Rp70 Ribu 5 Kg

Saat terjadi gempa, memang dianjurkan untuk berkumpul di ruang terbuka yang jauh dari bangunan, pohon dan benda-benda yang berisiko bisa runtuh atau ambruk. Hal ini tentunya dilakukan untuk meminimalisir adanya korban jiwa akibat gempa. Apabila saat gempa sedang berada di atas kendaraan, sebaiknya tepikan kendaraan di tempat yang aman dari reruntuhan.

Kabupaten Blitar merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang biasa diguncang gempa, karena dilewati oleh beberapa lempengan tektonik, salah satunya lempeng Indo – Australia. Maka dari itu, pihak BPBD Kabupaten Blitar berharap seluruh masyarakat tetap tenang dan tidak panik ketika terjadi gempa di wilayah Kabupaten Blitar.

Baca juga:  Libur Panjang, Penumpang Penuhi Stasiun Blitar untuk Bepergian

“Kami tetap menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik saat gempa terjadi,” pungkas Ivong.

Editor: Luthfia Azarin

Iklan