Gandeng Inspiratips Media, SMPM 2 Kota Blitar Adakan Pelatihan Mengelola Web Sekolah

CEO PT. Inspiratips Media Berkarya menjelaskan materi pengelolaan web sekolah dan jurnalistik, Kamis (24/8/2023). Dok. Halo Blitar

Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah (SMPM 2 Boarding School) Kota Blitar sedang mengadakan workshop pelatihan menulis berita dan pengelolaan website sekolah, Kamis (24/8/2023). Acara yang digelar di Laboratorium Komputer ini diikuti oleh semua guru.

Dalam sambutannya saat membuka acara, Mukiman S.Ag, kepala sekolah SMPM2 Boarding School Kota Blitar menjelaskan, workshop sesi pertama ini merupakan tindak lanjut dari pembuatan website sekolah baru.

“Pelatihan ini diharapan bisa membekali guru-guru dalam mengelola website sekolah. Sehingga website sekolah tidak syukur ada tok, tapi tidak membawa perubahan sama sekali.” imbuhnya.

Baca juga:  Mengenal 7 Perwira TNI Kelahiran Blitar yang Punya Karier Cemerlang

Menghadirkan pemateri Rozak Al-Maftuhin, CEO PT. Inspiratips Media Berkarya, workshop ini memiliki target optimalisasi promosi sekolah melalui website sekolah.

Pria yang akrab disapa Cak Roz ini menyebut, bahwa tantangan sekolah saat ini ialah menyampaikan informasi sedetail mungkin kepada publik melalui web ataupun sosial media yang dimiliki sekolah. Sehingga, orang tua yang membaca berita sekolah tertarik menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut.

Mengawali materi pertama, Rozak mengajak peserta workshop untuk praktik membuat berita. Dimulai dari analisa 5W + 1H, guru-guru sangat antusias menyusun berita kegiatan sekolah.

Baca juga:  Bagaspati, Jagung Varietas Baru Rakitan Petani Blitar yang Tahan Banting

Sesudah berita tersusun, berikutnya peserta (terutama admin web sekolah) diminta untuk praktik publikasi berita ke web sekolah. Tidak sekedar mempublikasi, Rozak juga menjelaskan unsur-unsur yang harus dipenuhi agar berita memenuhi kaidah SEO Friendly guna terindex dan mendapat peringkat utama di mesin pencari seperti Google.

“Publish artikel saja tanpa memperhatikan kaidah SEO dan Alogaritma itu sia-sia.” Kata Rozak. “Capek, iya. Tapi kalau trafik nol, kan percuma?” imbuhnya.

Untuk mencapai pemahaman yang menyeluruh, kepala sekolah berharap workshop sesi 2 bisa digelar secepatnya dengan durasi yang lebih lama. “Karena saya amati guru-guru sangat bersemangat.” pungkasnya.

Baca juga:  Mengejutkan! Pemuda Blitar Kaget Ada Tangisan Bayi di Tepi Hutan

Menanggapi hal itu, Rozak mengatakan, Inspiratips Media siap mengawal sekolah-sekolah Muhammadiyah untuk memanfaatkan web sekolah dengan maksimal.

Liputan: Luthfia Azarin

Iklan