Vaksin Polio Suntik atau Inactivated Polio Vaccine (IPV) adalah salah satu vaksin penting yang digunakan untuk melindungi sobat dari penyakit polio. Polio adalah penyakit menular yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen dan bahkan kematian. Berikut adalah beberapa fakta menarik seputar vaksin IPV yang mungkin belum sobat ketahui.

1. Perlindungan terhadap Polio

Vaksin IPV dirancang untuk melindungi sobat dari semua tiga jenis virus polio. Virus polio menyerang sistem saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan permanen dalam hitungan jam. Vaksinasi adalah cara terbaik untuk mencegah penyebaran penyakit ini.

2. Tidak Mengandung Virus Hidup

Berbeda dengan vaksin polio oral (OPV), IPV dibuat dari virus polio yang telah dimatikan (inactivated). Karena itu, vaksin ini tidak bisa menyebabkan polio, sehingga aman untuk orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Baca juga:  Rumah Sakit Kanker Terbaik di Malaysia: Pilihan IHH Healthcare

3. Diberikan dalam Bentuk Suntikan

IPV diberikan melalui suntikan ke dalam otot atau di bawah kulit. Biasanya, vaksin ini diberikan dalam beberapa dosis pada usia yang berbeda-beda sebagai bagian dari jadwal imunisasi rutin.

4. Jadwal Vaksinasi

IPV biasanya diberikan dalam empat dosis pada usia 2 bulan, 4 bulan, 6-18 bulan, dan 4-6 tahun. Ini membantu memastikan bahwa anak-anak mendapatkan perlindungan penuh terhadap polio.

5. Efektivitas Vaksinasi

IPV sangat efektif dalam mencegah polio. Setelah menerima dosis penuh, hampir semua orang akan terlindungi dari penyakit polio. Vaksin ini telah berhasil mengurangi jumlah kasus polio secara drastis di seluruh dunia.

6. Aman dan Umum Digunakan

IPV adalah vaksin yang aman dan telah digunakan secara luas di banyak negara. Efek samping yang umum termasuk nyeri atau kemerahan di tempat suntikan, demam ringan, atau rewel pada anak-anak. Reaksi alergi serius sangat jarang terjadi.

7. Bagian dari Upaya Global untuk Menghilangkan Polio

IPV adalah bagian penting dari inisiatif global untuk menghilangkan polio. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan berbagai organisasi kesehatan lainnya bekerja sama untuk memastikan bahwa semua anak di seluruh dunia mendapatkan vaksinasi polio.

8. IPV dan OPV

Di beberapa negara, IPV digunakan bersamaan dengan OPV (vaksin polio oral) untuk memberikan perlindungan yang komprehensif terhadap polio. Kombinasi ini membantu memperkuat kekebalan terhadap virus polio di masyarakat.

9. Perlindungan untuk Masa Depan

Dengan vaksinasi polio yang luas dan efektif, kita dapat mencapai dunia yang bebas polio. Melalui upaya vaksinasi yang terus menerus, generasi mendatang dapat terlindungi dari penyakit yang melemahkan ini.

Baca juga:  Ini Daftar Makanan yang Cocok untuk Penderita Asam Lambung

Vaksin Polio Suntik (IPV) adalah langkah penting dalam melindungi sobat dan masyarakat dari penyakit polio yang berbahaya. Dengan menerima vaksinasi IPV sesuai dengan jadwal yang dianjurkan, sobat dapat membantu mencegah penyebaran polio dan berkontribusi dalam upaya global untuk menghilangkan penyakit ini.

Konsultasikan dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan untuk informasi lebih lanjut tentang vaksinasi IPV dan manfaat yang dapat sobat peroleh. Dengan vaksinasi yang tepat, sobat dapat menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain dari ancaman polio.

Yuk dapatkan informasi selengkapnya terkait penyakit, obat, suplemen, vaksin, vitamin dan seputar kefarmasian dengan mengunjungi laman pafikotabobong.org sebagai laman resmi organisasi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI).

Iklan