Pada 9 Februari 2023, PT Bank Tabungan Negara (Persero/BTN) Tbk akan memasuki usia ke-73 tahun. BTN memastikan masyarakat Indonesia jadi semakin mudah memiliki rumah layak huni. Direktur Utama Bank BTN, Haru Koesmahargyo mengatakan sumber pendanaan berlanjutan dari masyarakat merupakan dukungan untuk menyalurkan pembiayaan perumahan untuk rakyat.

Saat diwawancara pada Senin, (6/2/23) Haru juga mengungkap pengelolaan dana pada BTN Prioritas yang sustain memberikan dukungan yang optimal terhadap bisnis perseroan di bidang pembiayaan perumahan kepada seluruh lapisan masyarakat. keberhasilan BTN tentunya dipengaruhi oleh dukungan masyarakat.

“Karena Bank BTN bisnisnya adalah sektor perumahan, maka seluruh nasabah secara tidak langsung telah membantu dalam meningkatkan upaya BTN dalam penyaluran pembiayaan kepada seluruh masyarakat di Indonesia,” timpal Haru.

Baca juga:  Terinspirasi dari Bjorka, Tersangka Jual Data Nasabah BCA

Menurut Haru, besarnya dukungan nasabah prioritas dalam pembiayaan perumahan perseroan tahun ini, BTN menargetkan kenaikan dana kelolaan hingga 11% menjadi Rp 51,5 Triliun. Diharapkan peningkatan jumlah nasabah BTN Prioritas bisa mencapai 15%.

BTN Terapkan Strategi Berikut Untuk Capai Target

Direktur Distribution & Funding Bank BTN, Jasmin menyebutkan ada tiga strategi yang menjadi inisiatif utama untuk mencapai target yang telah ditentukan tersebut. Pertama, adanya customer acquisition dalam meningkatkan nasabah baru BTN Prioritas serta penetrasi peningkatan dana nasabah existing di bawah Rp 500 juta.

Kedua, mengelola sekaligus menekan penurunan balance melalui program anti attrition dan loyalty. Lalu yang ketiga, meningkatkan average product holding untuk memberikan solusi lebih kepada nasabah sesuai kebutuhan dan tujuannya dengan upaya penetrasi cross selling.

Jasmin menambahkan, dalam mendukung tiga strategi inisiatif utama tersebut, BTN Prioritas telah mempunyai produk andalan yang sangat diminati para nasabah dalam peningkatan dana kelolaan, yaitu Tabungan BTN Investa dan BTN Bisnis. Selain itu, peningkatan dana kelolaan BTN Prioritas ini pun berfokus ada solusi investasi dalam mata uang asing serta beberapa produk investasi lain dalam bentuk obligasi dan reksadana.

Baca juga:  Tren Perkembangan Ekonomi Indonesia Tahun 2023

Minat nasabah yang begitu tinggi terhadap produk BTN Prioritas disebabkan oleh adanya layanan spesial dan penawaran eksklusif, salah satunya melalui layanan Platform Loyalty User (PLUS) yang menjadi program layanan membership BTN Prioritas. Tidak hanya itu, tersedia pula berbagai solusi keuangan dengan dukungan priority banking staff yang terlatih, tersertifikasi dan beberapa partners yang telah berpengalaman.

“BTN Prioritas saat ini telah bersinergi dengan sembilan manager investasi dan juga empat mitra asuransi guna memberikan solusi keuangan terbaik untuk para nasabah kami,” tutur Jasmin.

Editor: Luthfia Azarin

Iklan