Angin kencang melanda area Blitar selama beberapa jam pada Rabu (3/1/2024) yang lalu. Akibatnya, 3 penyulang PLN mengalami kerusakan karena tertimpa pohon yang roboh akibat terjangan angin.

Manajer ULP PLN Blitar, Ocgik Wahyu Dewanto, mengungkapkan bahwa ketiga penyulang yang rusak akibat kejadian ini terletak di Sanankulon, Bendosari, dan di Pasirharjo Talun, Kabupaten Blitar.

“Dampak dari angin kencang pada Rabu siang sekitar jam 1 mengakibatkan rusaknya 3 penyulang milik ULP PLN Blitar karena tertimpa pohon,” ujar Ocgik Wahyu pada Kamis (4/1/2024).

Baca juga:  Posisi Wabup Blitar Kosong Ditinggal Rahmat Santoso, PAN Tak Ambil Pusing

Penyulang atau feeder adalah bagian dari jaringan PLN yang bertugas mengalirkan dan mendistribusikan energi listrik dengan tegangan 20 ribu Volt dari Gardu Induk (GI) menuju Gardu Distribusi hingga ke konsumen dengan tegangan 380 Volt atau 220 Volt.

Kerusakan pada 3 penyulang tersebut menyebabkan putusnya distribusi listrik ke ribuan rumah di Kota dan Kabupaten Blitar. Hal ini berdampak pada pemadaman listrik di ribuan rumah di sekitar Blitar Raya pada hari sebelumnya.

“Ada puluhan ribu rumah warga yang mengalami pemadaman listrik akibat kejadian kemarin,” jelasnya.

Baca juga:  Pasar Loak Dipindah ke Bekas Pasar Burung Dimoro Blitar, Pedagang Optimis Bakal Lebih Ramai

Petugas PLN Blitar sedang melakukan proses perbaikan secara bertahap. Namun, proses tersebut memakan waktu karena rusaknya beberapa titik penyulang.

Oleh karena itu, pemadaman listrik di beberapa area dirasakan cukup lama. PLN Blitar menegaskan bahwa jaringan listrik untuk masyarakat akan segera pulih.

“Kami meminta kesabaran masyarakat karena listrik akan segera dinyalakan secara bertahap setelah proses perbaikan selesai,” tambahnya.

Editor: Luthfia Azarin

Iklan