Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah memberikan sumbangan berupa ribuan unit lampu Light Emitting Diode (LED) kepada penduduk Kota Blitar. Lampu-lampu tersebut diberikan kepada warga yang berpenghasilan rendah dan tinggal di rumah yang tidak layak huni.

Penyerahan simbolis hibah dilakukan oleh Priyo Suhartono selaku Sekretaris Daerah Kota Blitar bersama dengan Amanda Justicia sebagai Koordinator Komponen III Project ADLIGHT dari Kementerian ESDM.

“Sasaran hibah ini memang kami utamakan untuk warna dengan pendapatan rendah dan mempunyai rumah tidak layak huni,” jelas Amanda, Sabtu (27/4/2024).

Baca juga:  Puluhan Murid TK Menyerbu Polres Blitar, Wujud Program Polisi Sahabat Anak

Menurut Amanda Justicia, hibah lampu LED ini untuk lima daerah di Jawa Timur, termasuk Kota Blitar sebagai bagian dari upaya Kementerian ESDM dalam mempromosikan konservasi energi melalui penggunaan lampu yang efisien.

Amanda juga menjelaskan bahwa lampu LED dari Kementerian ESDM memiliki keunggulan dalam mengurangi konsumsi daya sampai dengan 50 persen lebih rendah daripada menggunakan lampu pijar, neon, atau CFL.

Harapannya, bantuan hibah seperti ini dapat memberikan pencahayaan yang memadai di rumah-rumah warga dengan konsumsi daya yang rendah. Dengan begitu, masyarakat bisa menikmati lingkungan yang terang tanpa memikirkan biaya listrik membengkak akibat penggunaan lampu.

Baca juga:  Pengungsi Rohingya di Blitar dan Tulungagung, Kini Menikahi Warga Lokal

“Kami datang untuk memberikan hibah berupa 3.000 unit lampu LED. Lampu tersebut khusus untuk semua masyarakat berpenghasilan rendah sampai dengan rumah tidak layak huni” tegas Amanda.

Sementara itu, Priyo Suhartono juga menyampaikan rasa terima kasih atas sumbangan 3.000 lampu LED dari Kementerian ESDM. Menurutnya, lampu-lampu tersebut memiliki daya antara 10 hingga 50 watt.

Priyo juga akan segera melakukan koordinasi dengan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kota Blitar untuk mengatur teknis penyaluran lampu-lampu kepada masyarakat.

Baca juga:  Leptospirosis yang Disebabkan Kencing Tikus 'Hantui' Masyarakat Tulungagung

“Pagi ini tim dari Kementerian SDM datang untuk memberikan bantuan hibah berupa lampu LED sebanyak 3.000 unit mulai 10 watt sampai dengan 50 watt” ungkap Priyo.

Editor: Indo Guna Santy

Iklan