Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Ditejen Bimas) Kementerian Agama (Kemenag) akan melaksanakan Sidang Isbat untuk menetapkan awal bulan suci Ramadhan 1444 H pada Rabu, 22 Maret 2023. Sidang ini diadakan setiap tahun tepat tanggal 29 Syakban.

Adib selaku Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama mengatakan bahwa sidang isbat ini akan terlaksana secara hybrid. Artinya, sidang menerapkan sistem gabungan antara daring dan luring.

“Untuk tahun ini, sidang bertepatan dengan hari Rabu tanggal 22 Maret 2023,” ucap Adib dalam laman resmi Kemenag, Kamis (9/3/2023).

Baca juga:  Sebelum Beraksi, Pelaku Penembakan Beberapa Kali Kirim Surat ke MUI

Nantinya, sidang isbat akan melibatkan banyak pihak terkait seperti Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, Pimpinan MUI, Komisi VIII DPR RI, perwakilan ormas Islam, duta besar negara sahabat, dan pihak lainnya.

Pelaksanaan sidang isbat terbagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama merupakan seminar pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1444 H sesuai dengan perhitungan astronomi atau hasil hisab.

Tim Hisab Rukyat Kemeterian Agama akan memaparan hasil hisab mulai pukul 17.00 WIB dan sesi ini terbuka untuk umum.  Adib juga menjelakan bahwa sesi seminar akan terlaksana secara hybrid karena kapasitas ruang yang kurang memadai.

Baca juga:  Membanggakan! Tim FH UMM Raih Juara 3 Debat Konstitusional Tingkat Nasional

Rangkaian kedua adalah pelaksanaan sidang isbat penetapan awal bulan Ramadhan 1444 H yang terlaksana secara luring setelah shalat Magrib dan sesi ini tertutup untuk umum. Selain menggunakan data dari hasil hisab, sidang isbat juga merujuk pada hasil rukyatul hilal yang akan terlaksana pada 123 titik di seluruh Indonesia.

Kemudian, sesi terakhir atau sesi ketiga adalah melakukan telekonferensi pers mengenai hasil sidang isbat. Hasil sidang akan disiarkan secara langsung oleh TVRI maupun media lainnya.

Adib juga menambahkan jika rangkaian sidang isbat ini terlaksana untuk menyatukan pandangan dan menentukan kapan mulainya bulan Ramadhan tahun ini.

Baca juga:  Elpiji 3 Kg Langka, Bupati Kediri Duga Ada Penggunaan Tak Sesuai Peruntukan

Dirinya juga memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menyiapkan diri menyambut bulan suci Ramadhan dengan penuh suka cita dan tentunya dengan cara yang baik.

Editor: Indo Guna Santy

Iklan