Bencana tanah longsor telah menimpa sebuah rumah yang terletak di Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar pada Kamis (13/4/2023). Dampak dari kejadian tersebut adalah pemilik rumah yang bernama Slamet (69) meninggal dunia karena tertimbun material longsor.

Hujan lebat yang mengguyur Desa Semen sejak pukul 02.00 WIB diduga menjadi penyebab longsornya tebing di belakang rumah korban. Ketika kejadian, istri korban bisa menyelamatkan diri, sedangkan korban yang tengah terbaring karena sakit stroke tidak bisa terselamatkan.

Baca juga:  Cemburu Pacar Dibonceng Lelaki Lain, Remaja Blitar Sebar Video Bugil Sang Kekasih

TNI, polisi, beserta warga sekitar gotong royong berusaha menyelamatkan tubuh korban dengan membersihkan material yang menimpa rumah korban. Tetapi, ketika ditemukan keadaan korban sudah tidak bernyawa di bawah reruntuhan material longsor.

AKP Heru Susanto selaku Kapolsek Gandusari mengatakan bahwa longsor terjadi sekitar pukul 05.30 WIB dan saat itu korban sedang berada di dalam rumah bersama istrinya.

“Ketika kejadian, istrinya sempat lari ke luar rumah, namun korban yang sedang sakit stroke tidak bisa ke luar rumah,” jelas Heru.

Baca juga:  3.000 Lampu LED Dihibahkan ke Masyarakat Blitar oleh Kementerian ESDM

Membutuhkan waktu kurang lebih dua jam untuk mengevakuasi jenazah korban dari bawah reruntuhan material longsor. Kemudian, warga langsung membantu pemakaman jenazah korban, sementara istrinya masih mengalami trauma berat.

Heru mengungkapkan bahwa untuk mengantisipasi adanya longsor susulan, area di sekitar tebing yang mengalami longsor sudah disterilkan dan dipasang garis polisi. Pihaknya meminta warga untuk lebih waspada karena hujan masih turun dengan lebat.

Editor: Indo Guna Santy

Iklan